Update
---

PERANGKAT PEMBELAJARAN FIKIH MTs KELAS 8

DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN FIKIH MTs KELAS 8
PERANGKAT PEMBELAJARAN FIKIH MTs KELAS 8 

PERANGKAT PEMBELAJARAN FIKIH MTs KELAS 8 

Intel Madrasah - Perangkat Pembelajaran Fikih MTs Kelas 8 - Guru yang baik adalah guru yang mempunyai perangkat pembelajaran, dan guru yang profesional adalah yang lengkap perangkat pembelajarannya. Perangkat pembelajaran adalah suatu perangkat atau alat yang digunakan seorang pendidik dan peserta didik untuk melaksanakan proses kegiatan pembelajaran.

Perangkat pembelajaran guru merupakan sejumlah bahan, alat, media yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar sebagai petunjuk dan pedoman. Dengan adanya perangkat pembelajaran guru akan lebih mudah dalam melaksanakan tugas atau kewajibannya dalam mengajar atau dalam menyampaikan materi dengan melihat perangkatnya tanpa harus berfikir dan mengingat. Perangkat pembelajjaran juga membantu bisa membantu guru dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang terencana dan sudah di desain.

Adapun yang termasuk pada perangkat pembelajaran guru diantaranya: program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik ( LKPD), instrumen penilaian, media pembelajaran.

Program Tahunan (PROTA)

Program tahunan (PROTA) merupakan rencana penetapan alokasi waktu dalam satu tahun untuk mencapai setandar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang telah di tetapkan. Program tahunan merupakan program umum tematik terpadu untuk setiap kelas, oleh karena itu program tahunan di susun sebelum tahun pelajaran dimulai karena bisa jadi pedoman untuk program-program yang lain seperti penyususnan program semester (PROMES), silabus dan juga RPP.

Program Semester (PROMES)

Program semester (PROMES) merupakan suatu rencana kegiatan guru dalam pembelajaran selama satu semester yang dituangkan dalam suatu distribusi alokasi waktu. Isi dari program semester adalah alokasi waktu untuk setiap KD atau judul suatu materi dengan terperinci setiap semester. Dengan membuat program semester guru akan mudah dalam menyampaikan materi sesuai dengan jam pelajaran (JP) yang telah dibuat.

Silabus

Silabus merupakan suatu rencana pembelajaran pada sesuatu dan ataupun kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang melingkupi standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, Indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, serta sumber belajar. Silabus Sebagai pedoman/acuan untuk pengembangan pembelajaran lebih lanjut, yaitu dalam menyusun RPP, pengelolaan aktivitas pembelajaran, penyediaan sumber belajar, serta pengembangan sistem evaluasi. Memberikan gambaran mengenai pokok program yang hendak dicapai dalam sesuatu mata pelajaran.  Adapon komonen yang terdapat dalam silabus yaitu : identitas sekolah/madrasah, SK, KD, materi pokok, indikator, kegiatan belajar, alokasi waktu, penilaian, dan bahan ajar.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sebagaimana Permendikbud No.22 (2016) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dalam silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD). Adapun RPP itu mencakup standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Manfaat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yaitu kegiatan pembelajaran yang teratur. memakai penyampaian materi lebih mudah, menentukan sasaran serta tujuan, melihat keberhasilan belajar anak didik, mengembangkan kegiatan pembelajaran, pemaparan jenis penilaian, serta menentukan sumber belajar. 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Lembar kerja peserta didik ( LKPD) ialah alat untuk membantu serta memudahkan peserta didik dalam aktivitas belajar dan mengajar sehingga tercipta interaksi yang efektif dan efisien antara peserta didik dengan guru, bisa meningkatkan kegiatan belajar serta prestasi peserta didik. Lembar kerja peserta didik terdiri dari enam unsur utama yaitu: 1) Judul 2) Petunjuk belajar 3) KD atau materi pokok 4) Informasi pendukung 5) Tugas-tugas atau langkah kerja, dan 6) Penilaian.

Seiring berkembangnya paradigma pendidikan terhadap peserta didik dan guru penyebutan LKS (Lembar Kerja Siswa) mengalami perubahan menjadi LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik) . Dengan demikian antara LKS dan LKPD adalah sama hanya penamaannya saja terdapat perubahan dan perbedaan”. lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik.

Instrumen Penilaian

Instrumen penilaian adalah alat yang dipakai untuk melaksanakan penilaian ataupun evaluasi, instrumen penilaian bisa berbentuk tes ataupun non tes serta observasinya bisa dilakukan dengan cara observasi sistematis dan non-sistematis. Untuk menggapai tujuan dengan cara efektif instrumen wajib menggunakan alat ukur. Instrumen penilaian digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa, faktor-faktor yang diduga mempunyai hubungan atau berpengaruh terhadap hasil belajar, perkembangan hasil belajar siswa, keberhasilan proses belajar mengajar guru, dan keberhasilan pencapaian suatu program tertentu.

Instrumen penilaian terbagi dua yaitu tes dan non tes.  Kalau di liihat dari jenisnya, instrumen tes dibedakan menjadi 1) tes kepribadian, 2) tes bakat), 3) tes intelegensi, 4) tes sikap, 5) tes minat, dan 6) tes prestasi. Jenis-jenis instrumen tes tersebut lebih sering dipergunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Sedangkan instrumen non tes ialah metode evaluasi hasil belajar peserta didik yang dilakukan tanpa menguji siswa namun dengan melaksanakan observasi dengan cara sistematis. Adapun alat evaluasi non tes yang akan digunakan pada penelitian yaitu observasi, angket, skala sikap

Media Pembelajaran

Media pembelajaran adalah salah satu metode ataupun perlengkapan yang dipakai dalam aktivitas belajar mengajar. Hal ini dilakukan untuk memicu pola belajar, mensupport kesuksesan proses belajar, serta memungkinkan kegiatan belajar mengajar bisa menggapai tujuannya dengan cara efektif. Media pembelajaran memiliki tiga jenis, yaitu media visual, media audio, dan media visual audio. Adapun Prinsip-prinsip penggunaan media pembelajaran, yaitu antara lain: (1) proses pembelajaran menjadi menyenangkan, (2) proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, dan (3) tersedia umpan balik (feedback).

DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN FIKIH MTs KELAS 8 

Dari penjelasan singkat diatas tentang perangkat pembelajaran diatas, admin telah menyiapkan perangkat pembelajaran fikih MTs kelas 8 lengkap yaitu program tahunan fikih MTs kelas 8, program semester fikih MTs kelas 8, silabus fikih MTs kelas 8, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) fikih MTs kelas 8, lembar kerja peserta didik ( LKPD) fikih MTs kelas 8, instrumen penilaian fikih MTs kelas 8, media pembelajaran fikih MTs kelas 8. Berikut admin sediakan link download di bawah ini tentang perangkat pembelajaran fikih MTs kelas 8.


  1. Download Pemetaan KI dan KD Fikih MTs Kelas 8
  2. Download Program Tahunan (PROTA) Fikih MTs Kelas 8
  3. Download Program Semester (PROMES) Fikih MTs Kelas 8
  4. Download Silabus Fikih MTs Kelas 8
  5. Download RPP Fikih MTs Kelas 8

Demikian perangkat pembelajaran fikih MTs kelas 8 yang admin kumpulkan, meskipun masih kurang lengkap tetapi mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang sedang melengkapi administrasi guru. Semoga kedepannya admin bisa melengkapi kekurangan-kekurangan mengenai perangkat pembelajaran fikih MTs kelas 8.

Also Read: