MODUL PEMBELAJARAN NUMERASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH

MODUL PEMBELAJARAN NUMERASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH

MODUL PEMBELAJARAN NUMERASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH


INTEL MADRASAH - MODUL PEMBELAJARAN NUMERASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Guru akan mempelajari dan menggunakan teori belajar Bruner dan strategi "Concrete-Pictorial-Abstract", yang berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan pembelajaran matematika di kelas. Instruktur akan memperkenalkan kembali konsep-konsep berikut di bagian ini: Bilangan dan Operasi, Aljabar, Pengukuran, Geometri, dan Data dan Probabilitas. Mata pelajaran ini akan dibahas secara lebih mendalam di UP 3 hingga UP 9. Kemudian instruktur akan didorong untuk melihat bahwa matematika lebih dari sekadar rangkaian pertanyaan dan jawaban. Matematika adalah kumpulan alat untuk mengembangkan pemikiran dan logika seseorang. Dengan pengetahuan ini, proses pemecahan masalah, pembuktian dan penalaran matematis, komunikasi, koneksi, dan representasi semuanya harus dibantu di MI.

Prinsip-Prinsip Pendidikan Matematika

Instruktur MI yang mengajar matematika harus memiliki pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar pembelajaran matematika.

Prinsip pertama adalah kesetaraan.

Kesetaraan ini mensyaratkan bahwa semua anak memiliki akses yang sama terhadap perhatian, kurikulum yang ketat, bantuan teknologi, dan instruktur yang cakap dan termotivasi untuk terus belajar.

Kurikulum adalah konsep panduan kedua.

Kurikulum tingkat satuan pendidikan harus dikonstruksi sedemikian rupa sehingga merupakan kegiatan pembelajaran matematika yang kohesif yang menitikberatkan pada aspek kritis kompetensi matematika.

Premis ketiga adalah tentang pendidikan.

Konsep pembelajaran kritis adalah pertama-tama memastikan apa yang siswa ketahui dan butuhkan, dan kemudian memberikan tingkat tantangan dan dukungan yang sesuai untuk proses belajar mereka.

Prinsip keempat adalah mendidik diri sendiri.

Siswa harus diberikan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan melalui kegiatan langsung yang mendorong pemahaman. Memperoleh wawasan ini adalah dasar yang kritis.

Prinsip kelima adalah evaluasi.

Penilaian yang berhasil didasarkan pada gagasan memberikan informasi yang tepat kepada siswa dan instruktur untuk membantu proses pembelajaran. Penilaian harus menjadi bagian normal dari proses pembelajaran dan pengembangan yang berkelanjutan. Penilaian didasarkan pada pengetahuan dan kemampuan siswa. Selain itu, penilaian membantu dalam pengembangan pemahaman siswa dan kemampuan prosedural. Guru harus memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang harus diajarkan dan dipelajari siswa. Penilaian harus konsisten dengan tujuan pembelajaran RPP.

Premis keenam adalah sebagai berikut: Teknologi

Teknologi adalah komponen penting dari pendidikan matematika. Kalkulator, komputer, dan instrumen teknis lainnya semuanya dapat membantu dalam proses pembelajaran dan pengajaran matematika. Penggunaan teknologi yang sesuai akan meningkatkan kemampuan siswa untuk membuat penilaian yang baik, memecahkan masalah, dan berefleksi.

Pada Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) Madrasah Ibtidaiyah Bidang Numerasi ini terdapat Sepuluh ( 10 ) Unit Pembelajaran, yaitu:

  1. Unit Pembelajaran 1 Prinsip Numerasi MI
  2. Unit Pembelajaran 2 Growth Mindset
  3. Unit Pembelajaran 3 Asesmen
  4. Unit Pembelajaran 4 Bilangan (Bagian 1)
  5. Unit Pembelajaran 5 Bilangan  (Bagian 2)
  6. Unit Pembelajaran 6 Aljabar
  7. Unit Pembelajaran 7 PENGUKURAN
  8. Unit Pembelajaran 8 GEOMETRI
  9. Unit Pembelajaran 9 DATA DAN STATISTIKA
  10. Unit Pembelajaran 10 STATISTIKA DAN PELUANG 

DOWNLOAD MODUL 1 PEMBELAJARAN NUMERASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH 

DOWNLOAD MODUL 2 PEMBELAJARAN NUMERASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH 

DOWNLOAD MODUL 3 PEMBELAJARAN NUMERASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH 


Tujuan Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah.

Setelah mengetahui Prinsip-Prinsip Pembelajaran Matematika di MI selanjutnya guru perlu memahamkan dirinya terhadap tujuan pembelajaran matematika di MI. Dengan memahami tujuan pembelajaran matematika di MI maka guru mempunyai ekspektasi yang jelas terhadap pengetahuan, keterampilan serta kemampuan peserta didiknya.

Menurut Robert Reys dalam buku “Helping Children Learn Mathematics” ada beberapa tujuan belajar matematika di sekolah yaitu:

• Membantu siswa untuk memaknai isi matematika, baik prosedur maupun konsepnya.

• Membantu siswa mengaplikasikan berbagai gagasan matematis untuk memecahkan berbagai masalah.

• Menumbuhkan sikap-sikap positif seperti persistensi, fleksibilitas, kecintaan untuk terus belajar, dan mengapresiasi (keindahan) matematika.

Tujuan belajar matematika tersebut perlu dinternalisasi oleh para guru MI. Salah satu cara yang berkesan untuk melakukan hal ini adalah menuliskan tujuan personal dari masing-masing guru.

Berikut ini pendapat dari guru MI tentang tujuan belajar matematika: “Menurut saya matematika adalah keterampilan bagaimana seseorang bisa menyelesaikan semua persoalan dengan berhitung. Juga merupakan ilmu dasar manusia sejak dahulu sampai kapan pun dalam rangka memberikan solusi terhadap kesulitan-kesulitan kehidupan.” (Pedro Johansis, S.Pd.I, MIN 2 Batam) Cakap matematika sangat penting, karena dalam kehidupan sehari-hari kita akan selalu mempraktekkan ilmu matematika yang sudah kita pelajari untuk memecahkan masalah kehidupan. (Nurjanah, S.Pd.I, MIN 13 Jakarta Timur).

Dari pendapat-pendapat guru di atas dapat ditarik benang merah bahwa tujuan pembelajaran matematika di MI itu adalah belajar berpikir, menalar dan mengasah logika untuk memecahkan masalah.

Semoga modul ini dapat digunakan secara efektif untuk melibatkan guru dalam topik dan memfasilitasi proses pembelajaran. Kami menghargai kerja keras dan kecerdikan penulis, serta upaya semua pihak yang terlibat dalam mewujudkan Modul ini. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi usaha kita dan memudahkannya. Aamii.

Berikut Jadwal Bedah Modul PKB Madrasah 2022:

Baca juga Modul PKB Madrasah 2022 Guru, Kepala, Pengawas seluruh jenjang di bawah ini:

  1. Modul Numerasi MI DISINI 
  2. Modul Literasi MI DISINI 
  3. Modul Sains  MI DISINI 
  4. Modul Kepala Madrasah DISINI 
  5. Modul Pengawas DISINI 
Link copied to clipboard