PANDUAN PENGISIAN PDSS TAHUN 2022

 

PANDUAN PENGISIAN PDSS LEMBAGA TES MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (LTMPT) TAHUN 2022

Dokumen ini berisi panduan pengisian PDSS yang harus diisikan oleh pihak sekolah sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan oleh LTMPT. PASTIKAN batas waktu pengisian PDSS agar sekolah dapat memanfaatkan dengan baik waktu yang disediakan. HINDARI mengisi PDSS di hari-hari terakhir agar tidak kesulitan mengakses sistem.

Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan untuk Pengisian PDSS:
  1. Login pada https://pdss.ltmpt.ac.id menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal LTMPT.
  2. Pastikan bahwa Anda telah menyelesaikan tahapan Penetapan Siswa Eligible sebelumnya. Jika Anda belum melakukannya, silakan menyelesaikannya terlebih dahulu dengan mengikuti panduan di https://www.ltmpt.ac.id/?mid=30 pada dokumen Panduan Penetapan Siswa Eligible.
  3. Jika tahapan 2 sudah selesai dilakukan, selanjutnya adalah mendefiniskan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan. Mohon diperhatikan bahwa setiap jurusan yang didefinisikan pada tahapan sebelumnya juga harus didefinisikan kurikulumnya.
  4. Definisikan mata pelajaran setiap semester tingkat.
  5. Lakukan Finalisasi Data Kurikulum. Mohon pastikan Anda sudah benar dalam pengisian sebelum melakukan finalisasi.
  6. Tahapan selanjutnya adalah mengisikan Jenis Studi setiap siswa Eligible per jurusan.
  7. Isikan nilai per siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan sebelumnya. Anda dapat melakukan pengisian baik per siswa maupun secara bulk upload.
  8. Lakukan Finalisasi Data Nilai. Mohon dipastikan Anda sudah melakukan pengisian dengan benar sebelum melakukan finalisasi ini karena finalisasi data nilai tidak dapat dibatalkan.
  9. Anda masih dapat melakukan Pembatalan Finalisasi Data Sekolah, Siswa Eligible, dan Kurikulum dengan syarat Finalisasi Data Nilai belum dilakukan. Syarat-syarat pembatalan finalisasi akan dijelaskan selanjutnya.
Setiap tahapan akan dijelaskan lebih detil pada bagian selanjutnya dalam dokumen ini. Jika sekolah mengalami kesulitan dalam pengisian, silakan melaporkan permasalahan yang dihadapi pada kanal bantuan yang telah disediakan oleh LTMPT.

Login Sekolah
Sekolah harus melakukan login terlebih dahulu sebelum mulai mengisi. Sekolah yang dapat melakukan login hanya sekolah yang sudah terdaftar di Portal LTMPT.
Berikut ini adalah langkah untuk melakukan login:
  1. Buka URL pada laman https://pdss.ltmpt.ac.id, yang secara otomatis akan membuka halaman Portal LTMPT untuk melakukan login. Berikut adalah tampilan login:PANDUAN PENGISIAN PDSS LEMBAGA TES MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (LTMPT) TAHUN 2022Pada halaman tersebut, silakan melakukan login dengan menggunakan akun LTMPT yang telah terdaftar. Apabila sudah masuk menggunakan pasangan username dan password yang benar, Anda dapat mengakses halaman PDSS.
  2. Jika Anda berhasil melakukan login, halaman pertama yang muncul adalah halaman Profil Sekolah. Bagian ini sudah dijelaskan pada dokumen Panduan Penetapan Siswa Eligible 2022 pada tautan berikut https://www.ltmpt.ac.id/?mid=30.
Berikut panduan lengkapnya:

Link copied to clipboard