Update
---

RPP FIQIH KELAS 7 SEMESTER 1 dan 2


DOWNLOAD RPP FIQIH KELAS 7 SEMESTER 1 & 2
RPP FIQIH KELAS 7 SEMESTER 1 & 2

RPP FIQIH KELAS 7 SEMESTER 1 & 2

Intel Madrasah - RPP Fiqih Kelas 7 Semester 1 & 2 - Guru merupakan suatu profesi yang mulia yang berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa dengan perannya sebagai pentransfer ilmu dan sebagai pendidik. Guru dikatakan pula sebagai pahlawan tanpa tanda jasa karena adanya semua profesi, adanya semua jabatan dari mulai yang teratas yaitu presiden itu atas jasa para guru.

Kalau kita tela'ah kata mutiara dari Sayyidina Ali Bin Abi Thalib dalam kitab Ta'limul Muta'allim yaitu انا عبد من علّمني ولو حرفا واحدا yang artinya "saya adalah abdi (hamba) seseorang yang mengajarkanku (ilmu) walaupun satu huruf". Artinya begitu penting dan berharganya ilmu walaupun hanya satu huruf dan begitu mulianya seorang guru yang telah memberikan sesuatu yang sangat berharga untuk hidup kita.

Guru fiqih mempunyai peran penting dalam mensukseskan pembangunan pendidikan Nasional, khususnya di tinjau dari segi agama sangatlah penting karena berkaitan dengan pelaksanaan peribadahan sehari-hari. Namun untuk menjalankan perannya sebagai guru yang profesional, perlu setandar kompetensi jabatannya untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan efektif dan efisien. Untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab tentunya harus ada perencanaan yang matang, agar setiap langkahnya bisa terencana untuk dapat mencapai tujuan pendidikan.

Apabila seorang guru merencanakan pembelajaran terlebih dahulu, maka proses kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif dan efisien. Karena dengan perencanaan langkah-langkah kegiatan sudah terbayangkan dari mulai materi yang akan di sampaikan, metode yang kan dipakai, alokasi waktu yang dibutuhkan, model pembelajaran, dan lain sebagainya untuk mencapai tujuan pembelajaran.

RPP fiqih MTs  kelas 7 kurikulum 2013 merupakan suatu rencana pelaksanaan pembelajaran untuk suatu pelajaran Pendidikan Agama Islam (Fiqih) agar dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar bisa terlaksana dengan efektif, efesien dan menyenangkan. Adapun komponennya meliputi kompetensi inti, kemampuan dasar, mata pelajaran/materi, kegiatan, indikator pencapaian, alokasi waktu, penilaian, dan sumber belajar.

Pembelajaran Fiqih di Tsanawiyah( MTs) itu sendiri bermaksud untuk memberikan pemahaman pada peserta didik dan mengamalkan pemahamannya itu dalam kehidupan sehari-hari. Karena kita tidak bisa terlepas dari kegiatan memperaktikan pelajaran fiqih dalam peribadahan di setiap waktu mulai dari tharah dan shalat liima waktu.

Bila merujuk pada KMA 183 Tahun 2019, mata pelajaran fikih bertujuan untuk:

  • Memahami pokok-pokok hukum Islam dalam mengatur ketentuan dan tata cara menjalankan hubungan manusia dengan Allah yang diatur dalam fikih ibadah dan hubungan manusia dengan sesama yang diatur dalam fikih muamalah. 
  • Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dalam melaksanakan ibadah kepada Allah dan ibadah sosial. Pengalaman tersebut diharapkan menumbuhkan ketaatan menjalankan hukum Islam, disiplin dan tanggung jawab sosial yang tinggi 

Sebagai mana Ketetapan Menteri Agama ( KMA) Nomor 183 Tahun 2019, ruang lingkup mata pelajaran Fikih mencakup:

  • Aspek fikih ibadah meliputi: tata cara bersuci dari najis dan hadats, shalat fardlu lima waktu, shalat berjamaah, berdzikir dan berdoa setelah shalat, shalat Jum'at, shalat jama' qashar, shalat dalam berbagai keadaan tertentu, shalat sunnah mu'akkad dan shalat sunnah ghairu mu'akkad, sujud sahwi, sujud tilawah, sujud syukur, zakat, puasa wajib dan Sunnah, i'tikaf, sedekah, hibah dan hadiah, haji dan umrah, halal-haramnya makanan dan minuman, penyembelihan binatang, qurban dan aqiqah, dan pemulasaraan jenazah.  
  • Aspek fikih muamalah meliputi: tentang jual beli, khiyaar dan qiraadl, riba, `aariyah dan wadii'ah, hutang-piutang, gadai dan hiwaalah, sewa-menyewa, upah, dan waris.

DWONLOAD RPP FIQIH 

KELAS 7 SEMESTER 1 & 2 

Untuk lebih jelas dan lebih lengkap mengenai RPP Fiqih Kelas 7 Semester 1 & 2 Terbaru, bisa diunduh pada tautan di bawah ini. Untuk membuat RPP tentunya kita harus mengacu pada silabus, oleh karena itu kami juga menyediakan silabus Fikih Kelas 7 Semester 1 & 2.

Silabus Fiqih Kelas 7 Semester 1 & 2

RPP Fiqih Kelas 7 Semester 1 (Ganjil)

RPP Fiqih Kelas 7 Semester 2 (Genap)

Semoga pembahasan singkat dan contoh RPP Kelas 7 Semester 1 & 2 ini bermanfaat bagi kita semua untuk membantu meringankan tugas guru dalam membuat perencnaan agar dalam proses belajar mengajar (KBM) lebih efektif dan efisien.

Also Read: