CONTOH PROGRAM KEWIRAUSAHAAN SEKOLAH

DOWNLOAD CONTOH PROGRAM KEWIRAUSAHAAN SEKOLAH
CONTOH PROGRAM KEWIRAUSAHAAN SEKOLAH

CONTOH PROGRAM KEWIRAUSAHAAN SEKOLAH

Intel Madrasah - Contoh Program Kewirausahaan Sekolah - Setiap orang pasti pernah mendengar kata wirausaha dan kewirausahaan bahkan mungkin sudah mengenal juga sedang mempraktikan kegiatan tersebut. Apa itu wirausaha? Wirausaha merupakan sesuatu proses melaksanakan identisifikasi, meningkatkan, serta membawa visi ke dalam kehidupan yang berujung dengan dibentuknya suatu upaya/usaha. Arti secara khususnya wirausha merupakan orang yang membuat sesuatu produk, menentukan cara produksi, menata oprasi untuk membuat produk terbaru sampai mengatur permodalan dan pemasarannya. Apa itu kewirausahaan? Kewirausahaan adalah proses mendirikan dan menjalankan bisnis atau usaha tersebut.

Adapun perbedaan wirausaha dan kewirausahaan yaitu dengan melihat pengertian diatas maka sudah jelas perbedaan antara wirausaha dengan kewirausahaan.Wirausaha lebih mengarah pada orang yang melakukan usaha dengan segala sumber daya yang dia miliki, sedangkan kewirausahaan lebih mengarah pada suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang berharga untuk orang lain.

Di sekolah pun ada yang namanya wirausaha dan kewirausahaan, bahkan menjadi program sekolah/madrasah untuk guru dan peserta didik. Kewirausahaan memberikan pelajaran pada guru dan peserta didik untuk meningkatkan ekonomi serta kemajuan sosial yang sesuai dengan keterampilan yang mereka punya masing- masing serta berupaya mendidik siswa jadi mandiri, patuh, jujur, tekun dalam mengalami masa depan.

Selain untuk menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan mutu lembaga juga untuk menjadi kompetensi yang bisa dipupuk untuk bekal peserta didik sebagai modal untuk menumbuhkan jiwa dan semangat wirausaha. Oleh karena itu penting adanya program kewirausahaan di sekolah karena bagian dari pembelajaran dan bekal untuk di masa depan.

Melalui pendidikan kewirausahaan di sekolah peserta didik jadi lebih terbuka serta sanggup memandang, mencari, mengatur serta menciptakan peluang dengan berasumsi kritis serta inovatif untuk menciptakan gagasan inovatif, mempunyai keahlian untuk melaksanakan gagasan inovatif dengan cara jelas diiringi tindakan benar supaya bisa menggapai hasil yang memuaskan

Kewirausahaan mempunyai 4 manfaat sosial; menguatkan perkembangan ekonomi, tingkatkan daya produksi, menghasilkan teknologi, produk serta pelayanan terkini, dan mengubah serta meremajakan pasar.  Dengan kewirausahaan, bisa menghasilkan lowongan kerja baru untuk masyarakat secara tidak langsung kita telah membantu perekonomian masyarakat dengan membuka lapangan kerja baru. Hal itu sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945. Oleh sebab itu, tujuan pendidikan nasional wajib berpusat mengenai gimana metode untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan.

Pada PMA Nomor 58 tahun 2017 Pasal 3 disebutkan bahwa Kepala Madrasah melaksanakan tugas manajerial, mengembangkan kewirausahaan, dan melakukan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan. Di pasal 4 disebutkan bahwa Kepala Madrasah menyelenggarakan fungsi perencanaan, pengelolaan, supervisi, dan evaluasi.

Pada pasal 5 disebutkan bahwa Kepala Madrasah bertanggung jawab: 1) menyusun rencana kerja jangka menengah untuk masa 4 (empat) tahun; 2) menyusun rencana kerja tahunan; 3) mengembangkan kurikulum; 4) menetapkan pembagian tugas dan pendayagunaan guru dan tenaga kependidikan; 5) menandatangani ijazah, surat keterangan hasil ujian  akhir, surat keterangan pengganti ijazah, dan dokumen akademik lain;6) mengembangkan nilai kewirausahaan; dan 7) melakukan penilaian kinerja guru dan tenaga kependidikan. Pada pasal 8 berkenaan dengan kompetensi Kepala Madrasah harus memiliki kompetensi: 1). kepribadian;2) manajerial; 3) kewirausahaan; 4) supervisi; dan 5) sosial.

Bila bicara menegenai kesejahteraan guru serta tenaga pendidik merupakan pembicaraan mengenai uang, hingga kepala sekolah/madrasah wajib sanggup menggali kemampuan apa yang terdapat di madrasah/sekolah nya yang dapat dikembangkan.  Contoh madrasah/sekolah yang sudah sukses membuat bank sampah, mengatur anggaran dana di koperasi, mengelola GOR, mengelola tanah parkir, mengelola Toilet, mengelola tanah koperasi serta lapak dagang, pengembangan ekskul marawis serta lain- lain. Kamad/Kepsek wajib bekerja keras untuk menggapai keberhasilan Madrasah/Sekolah selaku organisasi pembelajaran yang efektif.

Kepala Sekolah/Madrasah wajib memainkan perannya selaku administrator organisasi pembelajaran yang efektif. Bekerja keras wajib diimbangi dengan kerja tuntas, bekerja cerdas, bekerja sinergitas serta bekerja Jujur. Bekerja keras maksudnya bertugas dengan penuh antusias, tidak nyantai, bermalas- malasan, sebab akan tertinggal oleh perkembangan madrasah ataupun sekolah yang lain. 

DOWNLOAD CONTOH PROGRAM KEWIRAUSAHAAN SEKOLAH 

Dalam pelaksanaan kewirausahaan di sekolah tentunya memerlukan program dan perencanaan yang matang agar bisa terorganisir dan sesuai dengan tujuan. Oleh karena itu admin telah menyusun program kewirausahaan sekolah, semoga bisa menjadi contoh dan referensi untuk pembuatan atau penyusunan program kewirausahaan di sekolah. 

Berikut contoh program kewirausahaan sekolah bisa di unduh pada tautan yang admin siapkan di bawah ini.

Demikian pembahasan singkat dan contoh program kewirausahaan sekolah semoga mudah di fahami dan bisa menjadi referensi untuk bisa di pakai atau di terapkan di sekolah/madrasah masing-masing. Semoga bermanfaat dan menjadi nilai ibadah bagi kita semua. Aaamiin

Link copied to clipboard