Update
---

PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)


DOWNLOAD PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)
PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)

PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)

Intel Madrasah - Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) - Indonesia merupakan Negara  dikenal dengan Indonesia darurat literasi. Menurut data UNESCO Indonesia salah satu Negara yang minat membacanya sangat memperihatinkan yaitu 0,001 %. Artinya dari seribu orang Indonesia, hanya satu orang yang rajin membaca.

Permasalahan ini diakibatkan tidak dibiasakannya memangun minat membaca dalam keluarga. Kemudian ini diperparah dengan belum bagusnya tradisi atau kebiasaan membaca di sekolah- sekolah. Jadi tradisi literasi kosong di area keluarga, sekolah, sampai ruang- ruang publik. Apalagi, di sekolah- sekolah banyak yang tidak terdapat sarana perpustakaan. Kalaupun ada, tidak diatur dengan baik serta banyak pula yang ditelantarkan. 

Kalau kita cermati suatu pepetah bahasa Arab (Mahfudzat) yang di pelajari di pesantren-pesantren yang berbunyi  خَيْرُ جَلِيْسٍ فِى الزَّمَانِ كِتَابٌ "artinya sebaik baik teman duduk di setip waktu adalah buku." Seringkali kita menyia-nyiakan banyak waktu hanya untul hal-hal yang kurang penting atau bahkan tidak penting contohnya menggosip atau mengobrol hal-hal yang tidak penting, melammun, main game, dain lain sebagainya. 

Padahal apabila kita menjadikan buku sebagai teman di setiap waktu kita maka jendela dunia akan terbuka, karena buku merupakan jendela cakrawala, buku merupakan sumber ilmu terbaik bagi para pembacanya. 

Tentunya hal ini tidak akan mudah bagi kita yang tidak terbiasa membaca buku, malah menjadikan jenuh, bosan, bahkan mengantuk. Oleh karena itu mesti diadakannya suatu gerakan literasi yang menyenangkan yang bisa menarik minat pembaca.

Adapun beberapa solusi yang bisa kita lakukan dalam menangani krisis literasi di Indonesia yaitu :

  1. Memperkenalkan kebiasaan membaca sejak dini
  2. Membuat lingkungan belajar yang kondusif
  3. Menggunakan teknologi dalam pembelajaran
  4. Mendorong diskusi dan refleksi
  5. Memberikan umpan balik dan dukungan

Dari sekian banyak solusi yang bisa kita suguhkan untuk meneangani krisis literasi di Indonesia, tentuanya semuanya perlu tahapan rencana yang terprogram, oleh karena itu kita harus merancang renccna dalam suatu program gerakan literasi. 

Sekolah/Madrasah merupakan lingkungan belajar. Program gerakan literasi merupakan salah satu program sekolah/madrasah yang bertujuan untuk menumbuhkan budi pekerti peserta didik agar memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.

Oleh karena itu, untuk mendukung Program Gerakan Literasi, admin telah menyediakan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) atau Program Gerakan Literasi Madrasah (GLM) di bawah ini.


DWONLOAD PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)

Untuk lebih jelas dan lebih lengkap mengenai Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) atau Program Gerakan Literasi Madrasah (GLM), kami telah menyediakan link dwonload untuk Program Literasi yang lebih lengkap dibawah ini.

  • Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) : Download
  • Program Gerakan Literasi Madrasah (GLM) : Download

Demikian informasi singkat tentang Program Gerakan Literasi Sekolah/Madrasah semoga bermanfaat. Dan semoga Program Gerakan Literasi Sekolah/Madrasah yang admin bagikan bisa menjadi referensi dan bisa dipakai di sekolah/madrasah masing-masing.

Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan semoga seiring berjalannya waktu kami dari sistemmadrasah.com bisa memperbaikinya dan menjadi lebih baik lagi. Kritik dan saran semoga menjadi sarana membangun pengetahuan kami menjadi lebih baik, terima kasih atas perhatian dan dukungannya.

Also Read: