PROGRAM KERJA PRAMUKA TAHUN 2023/2024

DOWNLOAD PROGRAM KERJA PRAMUKA TAHUN 2023/2024
DOWNLOAD PROGRAM KERJA PRAMUKA TAHUN 2023/2024

PROGRAM KERJA PRAMUKA TAHUN 2023/2024

Intel Madrasah - Program Kerja Pramuka Tahun 2023/2024 -Pramuka merupakan ekstrakulikuler yang wajib bagi peserta didik di sekolah dari mulai tingkatan SD sampai Universitas yang bertujuan supaya anggota atau anak pramuka tersebut menjadi anak yang cakap dan terampil. Pramuka merupakan pola pembinaan yang berjenjang, yang mana dalam gerakan pramuka itu ada beberapa tingkatan yang di pisahkan berdasarkan usia. 

Dalam AD dan ART gerakan pramuka berdasarkan UU No 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka ada empat golongan dan tingkatan yaitu : Siaga, Penggalang, Penegak, dan pandega. Dan menurut UU No 12 tahun 2010, tingkatan tersebut berlaku bagi Gerakan Pramuka Indonesia yang berusia 7-25 tahun. Berikut penjelasan tentang empat tingkatan dalam pramuka berdasarkan usia:

Pramuka SD (Pramuka Siaga Usia 7-10 Tahun)

Siaga ialah anggota pramuka muda yang berumur 7- 10 tahun. Pada umur itu mempunyai watak istimewa serta pada dasarnya mereka ialah individu yang sedemikian aktif. Sikap yang muncul ialah rasa keingintahuan curiosity) yang amat besar, suka bernyanyi, berajojing serta bersenandung, senang meniru, sedikit manja, suka mengadu, serta amat senang dipuji. 

Aturan barisan upacara pembukaan serta penutupan latihan mengisyaratkan dunia Siga masih dilindungi serta dibina seluruhnya oleh pembinanya. Siaga porsi latihan terbesarnya yakni Ing ngarsa sung tulada (di depan berikan teladan) sedangkan porsi latihan terkecilnya yakni ing madya mangun karsa (di tengah- tengah membuat atau menggerakkan keinginan/kemauan) serta tut wuri handayani (dari belakang berikan dorongan).

Ada pula tempat berbaur dari satuan gugus depan pramuka Siaga yaitu Perindukan Siaga yang idealnya terdiri atas 18- 24 orang. kelompok kecil dari Siaga yakni barung yang idealnya terdiri atas 6 pramuka Siaga. Perindukan Siaga dipandu oleh Pembina Siaga serta dibantu oleh Pembantu Pembina siaga. 

Karakteristik dari aktivitas Siaga ialah gembira, energik, kekeluargaan, serta berkepribadian. Dalam perihal ini, seseorang pembina mempunyai andil yang sedemikian penting, sebab kunci utama dalam mengemas materi bimbingan serta kreativitas pembina amat dibutuhkan. Semakin akrab ikatan pembina dengan Siaga, ketertarikan siaga untuk belajar akan terus menjadi lebih tinggi. 

Syarat Kecakapan Umum (SKU) siaga ialah ketentuan kecakapan yang harus dimiliki oleh pramuka siaga untuk memperoleh Tanda Kecakapan Umum (TKU) sebagai alat pendorong untuk mendapatkan kecakapan yang bermanfaat untuk kehidupannya. 

Tingkatan kecakapan umum bagi pramuka siaga yakni: 

a. Siaga mula. 

b. Siaga bantu. 

c. Siaga tata. 

Tingkatan kecakapan khusus bagi pramuka siaga yakni: 

a. SKK purwa. 

b. SKK madya. 

c. SKK utama.

Pramuka SMP (Pramuka Penggalang Usia 11-15 Tahun)

Penggalang ialah anggota muda gerakan pramuka yang berumur 11- 15 tahun. Pada umur itu anggota mempunyai watak keingintahuan (curiosity) yang besar, antusias yang kokoh, sangat aktif, serta senang berkelompok. Oleh sebab itu, yang jadi titik berat dari latihannya yaitu pada kegiatan beregu yang dilandasi oleh sistem beregu dalam semua penerapan aktivitas dari pasukan penggalang. 

Upacara pembukaan serta penutupan latihan penggalang telah meluas dibandingkan dengan siaga yang masih tertutup (formasi lingkaran). Ada pula formasi barisannya ialah wujud angkare (barisan berupa U), ialah formasi yang mulai terbuka namun pada bagian akhir sudutnya masih tertutup. Simbol bentuk uppacara ini menandakan kalau penggalang mulai diperkenalkan memandang dengan dunia luar serta pembina penggalang telah mulai membebaskan anggota penggalang dalam melaksanakan tugas lewat pemimpin- pemimpin regu yang jadi tulang punggung di dalam pasukan penggalang.

Aktivitas penggalang mencakup aktivitas yang senantiasa berkepribadian, energik, progresif, dan menantang. Pembina mempunyai andil yang sangat penting dalam mengemas materi latihan serta kreativitas pembina amat diperlukan sehingga 4H ( Health, Happiness, Helpfulness, Handicraft) dapat berhasil di capai. 

Syarat Kecakapan Umum (SKU) serta Syarat Pramuka Garuda (SPG) ialah standar nilai- nilai serta keahlian yang digapai oleh seseorang pramuka. Sebaliknya Syarat Kecakapan Khusus (SKK) ialah standar kompetensi pramuka bersumber pada peminatannya, sehingga tidak seluruh SKK yang ada itu direkomendasikan untuk tercapai.

Tingkatan kecakapan umum bagi pramuka penggalang yaitu: 

a. Penggalang ramu. 

b. Penggalan rakit. 

c. Penggalang terap.

Pramuka Penegak Usia 15-20 Tahun

Penegak ialah anggota muda gerakan pramuka yang berumur 15- 20 tahun. Secara umum umur itu masuk pada era sosial (Kohnstam) ataupun dikatakan pula masa remaja awal ialah masa pencarian jati diri, mempunyai antusias kokoh, senang berdebat, kemauannya kokoh, agak susah dicegah kemauannya bila tidak dengan kesadarannya sendiri,  serta telah mengenal cinta. Kepenegakan ialah latihann ke arah independensi serta tidak jadi beban orang lain, ukhhuawah, mendidik diri sendiri dengan meningkatkan kecakapan untuk bekal dedikasi yang bermanfaat untuk warga, mempunyai metode hidup dengan berdasar Trisatya serta Dasadarma.

Dalam gerakan pramuka ada lembaga- lembaga yang bisa membagikan pendidikan yang khusus yang menjurus pada peminatan yang disebut dengan dSatuan Karya (SAKA) seperti Saka Bahari, Saka Bakti husada, Saka bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wana Bakti, Saka Wira Kartika, dan Saka yang lainnya. 

Dewan penegak dipandu oleh seseorang pimpinan yang disebut pradana, seseorang pemangku adat, seseorang kerani, seseorang bendaharawan, serta beberapa anggota. Kegiatan penegak ialah aktivitas yang berkepribadian, energik, progresif, menantang, berguna untuk diri serta warga lingkungannya. Dalam sesuatu latihan, bisa dilakukan pengetesan Syarat Kecakapn Umum (SKU), Syarat Pramuka Garuda (SPG), serta Sayarat Kecakapan Khusus (SKK). SKU penegak terdiri atas 2 tingkatan, ialah Penegak Bantara serta Penegak Laksana. 

Pramuka Pandega Usia 21-25 Tahun

Pramuka pandega ialah anggota yang berumur 21 hingga dengan 25 tahun. Tingkatan pramuka Pandega terdapat di Gugus Depan (Rancana) Kwartir. Pendidikann kepramukaan di tingkatan pandega menekankan pada terjbentuknya karakter serta keahlian (keterampilan) supaya bisa turut dan membangun masyarakat melalui aktivitas pada masyarakat. 

Formasi barisan yang dipakai yaitu bersaf satu lurus ataupun seperti lidi. Ada pula arti filosofis yang tercantum dari aturan ini ialah bahwa pandega telah dibebaskan memandang dunia luar serta bisa menentukan arah jalannya sendiri dengan tanggung jawab pembina. Ikatan pembina dengan pandega ialah selaku mitra di mana pembina berperan lebih besar untuk berikan dorongan, dorongan, serta bimbingan (Tut wuri handayani).

Secara simbolis racana pandega ialah dasar penyangga yang menyiapkan inovasi baru, cinta tanah air, pemimpin, serta kepemimpinan masyarakat. Oleh karena itu, wujud aktivitas dalam kepandegaan ialah bina diri, bina satuan, serta bina warga masyarakat. 

Pada gerakan pramuka ada lembaga- lembaga yang bisa memberikan pendidikan khusus yang menjurus pada peminatan yang disebut dengan SAKA. Terdapat 8 Saka serta 8 peminatan dalam gerakan pramuka, seperti gladian pimpinan satuan, KIM, LPK, KPDK, bermacam bimbingan keahlian, bimbingan kewirausahaan, raimuna, serta sebagian perihal lain.

Seorang dewan pandega dipilih oleh anggota racana. Dewan racana dipimpin oleh ketua dengan susunan sebagai berikut: 

a. Seorang ketua. 

b. Seorang pemangku adat. 

c. Seorang sekretaris. 

d. Seorang bendahara. 

e. Beberapa anggota.

Demikian penjelasan singkat tentang pramuka dan macam-macam pramuka (tingkatan pramuka). Dalam suatu kegiatan tentunya harus terprogram dan terencana, oleh karena itu perlu disusun dan di buat suatu program kerja pramuka sebagai acuan atau panduan dalam melaksanakan pendidikan atau latihan kepramukaan.

DOWNLOAD PROGRAM KERJA PRAMUKA TAHUN 2023/2024

Di sini kami telah menyediakan program pramuka tahun 2023/2024 untuk para pembina pramuka yang bisa bapak/ibu sesuaikan di sekolah masing-masing. Berikut Program Kerja Pramuka Tahun 2023/2024 kami sediakan di link dwonload di bawah ini:

Demikian informasi tentang Program Kerja Pramuka Tahun 2023/2024, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bapak/ibu/kakak pembina pramuka dalam menyusun program kerja pramuka di sekolah masing-masing.

Link copied to clipboard