Update
---

CONTOH PROGRAM KERJA PASKIBRA TAHUN 2023/2024

DOWNLOAD CONTOH PROGRAM KERJA PASKIBRA TAHUN 2023/2024
CONTOH PROGRAM KERJA PASKIBRA TAHUN 2023/2024

CONTOH PROGRAM KERJA PASKIBRA TAHUN 2023/2024

Intel Madrasah - Program Kerja Paskibra Tahun 2023/2024 - Setiap tahun kita rutin melaksanakan upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah PASKIBRA ( Pasukan Pengibar Bendera ), yaitu pasukan yang pada hari itu diberi tugas untuk mengibarkan bendera merah putih. 

Hal ini merupakan hajat tahunan yang mesti dilaksanakan oleh lembaga (sekolah) atau instansi/organi sasi lain untuk mencerminkan rasa Nasionalisme dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam membela dan memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam pelaksanaanya, upacara pengibaran bendera merah putih dilaksanakan oleh siswa dan siswi yang ada di sekolah tersebut dengan susunan  kelompok yang berjumlah 17 orang sebagai pengiring depan, kelompok yang berjumlah 8 orang sebagai pembawa dan pengibar, dan kelompok/pasukan yang berjumlah 45 sebagai ajudan. Hal ini sesuai dengan hari kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal 17 - 08 - 1945.

PERBEDAAN PASKIBRA DAN PASKIBRAKA

PASKIBRA adalah pasukan pengibar bendera yang bertugas untuk mengibarkan bendera dan/atau menerunkannya, tetapi bukan bertugas mengibarkan atau menurunkan duplikat bendera sang saka merah putih di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi ataupun Nasional. Akan tetapi mereka bertugas di tingkat lain seperti di Sekolah, di suatu instansi atau organisasi lain.

Adapun istilah lain yaitu PASKIBRA. PASKIBRAKA adalah pasukan pengibar bendera pusaka, yang mana anggotanya bertugas untuk mengibarkan dan/atau menurunkan duplikat bendera pusaka merah putih pada upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi ataupun Nasional.

Ada juga istilah lain yaitu Purna PASKIBRA (PPI). Purna PASKIBRA (PPI) yaitu suatu organisasi yang anggotanya terdiri dari mereka yang pernh bertugas mengibarkan dan/atau menurunkan duplikat bendera pusaka merah putih pada upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi ataupun Nasional.

SEJARAH PASKIBRA

Paskibraka lahir pada Jumat, 17 Agustus 1945, di Jalan Pegangsaan Timur No 56, Jakarta, pada jam 10. 00 pagi. Dikibarkan oleh 2 anak muda ialah Latief Hendraningrat serta Suhud. Tetapi, pada 4 Januari 1946, Belanda masih ingin menjajah Indonesia alhasil Soekarno serta Hatta wajib meninggalkan Jakarta dan berangkat ke Yogyakarta sampai Bendera Pusaka juga ikut dibawa serta dimasukkan ke koper peribadi presiden Soekarno. Kemudian ibu kota Republik Indonesia sempat dipindahkan ke Yogyakarta. 

Gagasan pikiran Paskibraka berawal dari Mayor Husein Mutahar yang pada waktu itu disuruh Kepala negara Soekarno untuk menyiapkan upacara kenegaraan peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1946 di halaman istana Kepala negara Gedung Agung Yogyakarta. Buat memupuk rasa persatuanbangsa, pengibaran Bendera Pusaka hendaknya dilakukan oleh para anak muda Indonesia, bagi Utama Mutahar. 

Sebab kondisi gawat Indonesia, Mayor Mutahar hanya menunjuk 5 anak muda yang terdiri dari 3 gadis serta 2 putra selaku perwakilan wilayah yang terletak di Yogyakarta untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Setelah menempuh misi penyelamatan Bendera Pusaka, Mayor Mutahar tidak lagi menanggulangi permasalahan pengibaran Bendera Pusaka. Setelah itu ia berprofesi selaku Direktur Jenderal Urusan pemuda serta Pramuka Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kepala negara Soeharto memanggil Mayor Mutahar kembali menangani Bendera Pusaka seperti pada Tahun 1946 di Yogyakarta. 

Sehabis itu, Paskibraka terdiri dari 3 kelompok ialah kelompok 17 selaku pengiring depan, kelompok 8 selaku pembawa bendera, serta kelompok 45 selaku ajudan. Angka itu ialah simbol bertepatan pada Proklamasi Indonesia. 

PASKIBRA SEKOLAH

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang PASKIBRA yang ada di sekolah meskipun sedikit membahas tentang PASKIBRAKA dan PURNA PASKIBRA. PASKIBRA sekolah adalah pasukan pengibar bendera yang hanya pada tingkatan sekolah saja atau hanya berbentuk ekstrakulikuler sekolah. Dalam arti luas PASKIBRA adalah suatu wadah pembinaan generasi muda untuk melatih disiplin, tangguh, pantang menyerah, dan melatih sikap dasar kepemimpinan di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Selain bertugas untuk mengibarkan dan menghormati sang bendera merah putih, seorang PASKIBBRA harus mempunyai kepribadian yang baik, menjadi suri tauladan yang baik, berani, cermat, akurat, aktif, amanah, dan mempunyai rasa Nasionalisme yang tinggi. Semua itu dibina dan dilatih dalam latihan rutin di sekolah sebagai ekstrakulikuler yang banyak diminati oleh siswa dan siswi di sekolah. 

MATERI PASKIBRA

Adapun materi dasar yang biasa di ajarkan di PASKIBRA sekolah yaitu : 

1. Motto PASKIBRA
2. Arti Lambang
3. Panca Paskibra

Materi Paskibra: Dasar Peraturan Baris- Berbaris (PBB)

1. Aba- aba

  • Instruksi petunjuk
  • Instruksi peringatan
  • Instruksi penerapan
2. Gerakan PBB di tempat
  • Sikap sempurna
  • Istirahat di tempat
  • Parade istirahat
  • Lencang kanan atau kiri
  • Lencang depan
  • Hadap kanan atau kiri
  • Balik kanan
  • Hadap serong kanan atau kiri
  • Jalan di tempat
  • Hormat bendera atau pembina
3. Gerakan PBB meninggalkan tempat
  • Langkah tegap
  • Langkah biasa
  • Langkah parade
  • Langkah ke kanan atau kiri atau depan atau belakang
  • Langkah lari
  • Haluan kanan atau kiri
4. Cek Kerapian

Untuk tercapainya semua materi tentang PASKIBRA di sekolah tentunya semua harus terprogram dengan baik, agar semua terencana dan sesuai dengan target yang akan di capai. Untuk itu di awal semester ganjil pembina PASKIBRA harus menyusun dan membuat program terlebih dahulu agar semua langkah pembinaan terencana dan sesuai dengan target. Oleh karena itu admin telah menyiapkan contoh Program Kerja PASKIBRA Tahun 2023/2024. 


DWONLOAD CONTOH PROGRAM KERJA PASKIBRA TAHUN 2023/2024

Untuk lebih jelas dan lebih lengkapnya menegenai Contoh Program Kerja PASKIBRA Tahun 2023/2024, anda bisa klik link dwonload yang telah admin sediakan di bawah ini.

  1. Contoh Program Kerja PASKIBRA Tahun 2023/2024 ,  Download
  2. Contoh Program Kerja PASKIBRA Tahun 2023/2024 ,  Download

Demikian pembahasan singkat tentang Pengertian PASKIBRA, Sejarah PASKIBRA, Materi PASKIBRA, sedikit pembahasan PASKIBRA sekolah dan di akhiri dengan Contoh Program PASKIBRA Tahun 2023/2024 yang telah kami sediakan link dwonloadnya diatas. Semoga bermanfaat juga bisa memudahkan dala pelaksanaanya dan menjadi referensi untuk para pembina PASKIBRA dalam melatih anggotanya. 

Also Read: