https://www.profitablegatecpm.com/yd07iw6m?key=730085b84b76c8c3ca93a247be17bbb4 LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FIKIH KELAS 7 - Intel Madrasah

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FIKIH KELAS 7

DOWNLOAD LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FIKIH KELAS 7
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FIKIH KELAS 7

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FIKIH KELAS 7

Intel Madrasah - Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fikih Kelas 7 - Guru yang profesional adalah guru yang memnuhi syarat kompetensi dalam melakukan tugas pendidikan dan pengajaran. Dalam proses belajar mengajar (KBM) seorang guru profesional harus mempuanyai keterampilan dalam menguasai kelas, yaitu suatu usaha seorang guru dalam memecahkan permasalahan guna pencapaian kompetensi peserta didik di dalam kelas.

Mengelola kelas menjadi sangat penting supaya kegiatan belajar mengajar dapat berjalan secara lancar dan guru dapat memberikan pengajaran yang sesuai kepada siswa , serta siswa dapat menerima pembelajaran dengan baik dan menyenangkan. Guru mampu mengendalikan dan menguasai kelas seluruhnya. Selain itu, guru juga memiliki kompetensi merancang perencanaan pembelajaran, memutuskan kegiatan pembelajaran, dan menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.

Untuk bisa mengelola kelas dengan baik, seorang guru harus punya cara supaya bisa mengondisikan kelas dalam pembelajaran salah satunya dengan menggunakan lembar kerja peserta didik (LKPD) atau dulu disebut dengan lembar kerja siswa (LKS). LKPD/LKS adalah sarana untuk mempercepat pencapaian tujuan pembelajaran, bukan menggantikan tanggung jawab guru dalam proses belajar. Penggunaan LKPD diharapkan dapat menumbuhkan minat peserta didik terhadap pembelajaran melalui diskusi dan pelaksanaan langkah kerja.

Lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) sehingga adanya interaksi efektif antara siswa dengan guru, dan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

Adapun langkah-langkah dalam membuat LKPD/LKS yaitu :

Ada 5 langkah utama yang harus dilakukan untuk menyusun LKPD, yaitu:

  1. Menganalisis kurikulum, termasuk Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, serta indikator dan materi pembelajaran
  2. Menyusun peta kebutuhan LKPD
  3. Menentukan judul LKPD
  4. Menulis LKPD
  5. Menentukan alat evaluasi atau penilaian

Secara umum, LKPD memiliki 6 struktur penting, yaitu:
  1. Judul kegiatan, tema, sub tema, kelas, dan semester: berisi topik pembelajaran yang akan dilaksanakan beserta identitas dari peserta didik.
  2. Tujuan: berisi tujuan pembelajaran sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD).
  3. Alat dan bahan: berisi daftar alat dan bahan yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran.
  4. Prosedur kerja: berisi petunjuk atau langkah-langkah yang harus ditempuh peserta didik untuk menyelesaikan pekerjaannya.
  5. Tabel data: tabel kosong yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran yang bersifat penelitian atau pengamatan (observasi).
  6. Bahan diskusi: berisi daftar pertanyaan yang relevan dengan kegiatan pembelajaran.

DOWNLOAD LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FIKIH KELAS 7

Semoga LKPD Fikih Kelas 7 yang admin sediakan bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang mengajar mata pelajaran fikih kelas 7. Apabalila ada kekurangan admin mohon maaf yang sebesarnya, mudah-mudahan admin bisa melengkapi segala kekurangan dan memperbaiki segala kesalahan.


Link copied to clipboard