https://www.profitablegatecpm.com/yd07iw6m?key=730085b84b76c8c3ca93a247be17bbb4 CONTOH PROGRAM BK SMP TERBARU - Intel Madrasah

CONTOH PROGRAM BK SMP TERBARU

DOWNLOAD CONTOH PROGRAM BK SMP TERBARU
CONTOH PROGRAM BK SMP TERBARU

CONTOH PROGRAM BK SMP TERBARU 

Intel Madrasah - Contoh Program BK SMP Terbaru - Layanan bimbingan konseling sekolah ialah upaya menolong siswa dalam pengembangan kehidupan individu, kehidupan sosial, aktivitas belajar, dan perencnaan serta pengembangan karir. Setiap peserta didik punya kehidupan yang berbeda-beda dengan permaslahan yang berbeda, karakter yang berbeda, lingkungan yang berbeda, cara belajar yang berbeda. Tentunya cara menanganinyapun berbeda-beda sesuai dengan yang di alami peserta didik, maslah belajar, maslah sosial, maslah individunya sendiri.

Adapun layanan Bimbingan dan Konseling memiliki tujuh jenis layanan, yakni: layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan bimbingan belajar, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelompok.

Guru BK bertugas untuk mengenali serta pula memahami sikap dan perilaku serta pula memberikan pengarahan pada anak didik sehingga dapat menolong siswanya dalam menanggulangi tiap permaslahan anak didik. 

Guru BK wajib memahami bermacam kompetensi yang melingkupi kompetensi akademik, kompetensi intelektual, kompetensi komunikasi, serta setifikat profesi. Terdapatnya kompetensi itu pasti saja membuat guru BK jadi lebih nampak bermutu serta sanggup menanggulangi tiap permasalahan yang bisa jadi lagi dialami para anak didik.

Adapun langkah-langkah pelaksanaan konseling di sekolah:

  1. Membangun hubungan.
  2. Identifikasi dan penilaian masalah.
  3. Menentukan sasaran dan intervensi konseling.
  4. Evaluasi konseling dan terminasi.

Berikut Contoh Program BK SMP terbaru :


PROGRAM TAHUNAN


A. RASIONAL

Paradigma bimbingan dan konseling dewasa ini ini lebih mengarah pada identifikasi kemampuan, keinginan, serta kewajiban kemajuan dan pemenuhan keinginan serta tugas- tugas kemajuan itu. Ternyata memberikan pelayanan untuk siswa yang bermasaah, pemenuhan kemajuan maksimal serta penangkalan terbentuknya permasalahan ialah fokus pelayanan. Atas dasar pandangan itu hingga identifikasi kemampuan orang ialah aktivitas urgen pada awal layanan bantuan. Edukasi serta pengarahan dikala ini tertuju pada mengidentifikasi keinginan siswa, orang tua, serta sekolah. 

Bimbingan dan konseling di sekolah mempunyai andil berarti dalam menolong siswa dalam menggapai tugas- tugas kemajuan begitu juga tertera dalam Standar Kompetensi Independensi Partisipan siswa Kompetensi Dasar ( SKKPD). Dalam usaha mensupport pencapaian kewajiban perkembangan itu, program edukasi serta pengarahan dilaksanakan dengan cara utuh serta kolaboratif dengan semua stake holder sekolah. 

Dewasaini, layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan oleh SMP Negeri ..............memiliki banyak tantangan baik secara internal maupun eksternal. Dari sisi internal, problematika yang dialami oleh sebagian besar peserta didik bersifat kompleks. Beberapa diantaranya adalah problem terkait penyesuaian akademik di sekolah, penyesuaian diri dengan pergaulan sosial di sekolah, ketidak matangan orientasi pilihan karir, dan lain-lainnya.

Dari bagian eksternal, siswa yang notabene terletak dalam bentang umur anak persiapan mengarah anak muda dini pula dihadapkan dengan perubahan- perubahan kilat yang terjalin dalam rasio garis besar. Kemajuan teknologi data yang sedemikian itu kilat serta massif kerapkali membagikan akibat minus untuk kemajuan pribadi- sosial siswa di sekolah. Selaku ilustrasi, akses tidak terbatas dalam bumi maya kerapkali melahirkan adat praktis dalam melakukan kewajiban, maraknya pornografi, serta dilema yang lain.

Tetapi begitu, pada dasarnya tiap orang mempunyai kecondongan buat menyusun diri serta menggapai tujuan hidup yang lebih berarti, tidak lain partisipan ajar di sekolah. Dari bermacam dilema yang terdapat, sedang ada impian yang besar kepada keunggulan- keunggulan yang dipunyai oleh partisipan ajar. Sebagian partisipan ajar mempunyai kemampuan buat dibesarkan kemampuan serta minatnya, aktif dalam aktivitas olah badan, berbakat dalam aspek seni serta lain- lainnya. Di sisi itu, energi bawa yang ada di SMP Negara.............. bisa dibilang lumayan bagus. Perihal ini dibantu oleh kenyataan kalau beberapa besar orang berumur atau orang tua partisipan ajar mempunyai pekerjaan beraneka ragam serta sudah melaporkan kemauan buat turu berkontribusi dengan keahlian profesionalnya.  

Kondisi ini merupakan modal yang luar biasa dalam mendukung keberhasilan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Begitu pula dari segi daya dukung sarana dan prasarana yang dimiliki, SMP NEGERI ..............memiliki kecukupan fasilitas untuk menopang kegiatan pengembangan bakat dan minat peserta didik melalui berbagai wadah kegiatan intra maupun ekstrakurikuler.

Untuk lebih lengkapnya silahkan download pada link dibawah ini.

DOWNLOAD CONTOH PROGRAM BK SMP TERBARU

Link copied to clipboard