Update
---

CONTOH RUBRIK DAN LEMBAR PENILAIAN

DOWNLOAD CONTOH RUBRIK DAN LEMBAR PENILAIAN
CONTOH RUBRIK DAN LEMBAR PENILAIAN

CONTOH RUBRIK DAN LEMBAR PENILAIAN 

Intel Madrasah - Contoh Rubrik Dan Lembar Penilaian - Dalam kegiatan pembelajaran tidak hanya proses belajar dan mengajar saja, akan tetapi ada penilaian hasil belajar untuk mengukur dan mengevaluasi pembelajaran yang berlangsung ataupun sudah dilaksanakan. Penilaian pembelajaran mencakup penilaian terhadap proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar. Penilaian proses pembelajaran dimaksudkan untuk mengungkapkan performa dan kemampuan mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Menurut Depdikbud dalam Jihad (2012:63) “tujuan penilaian adalah untuk mengetahui kemajuan belajar siswa, untuk perbaikan dan peningkatan kegiatan belajar siswa serta sekaligus memberi umpan balik bagi perbaikan pelaksanaan kegiatan belajar”. Secara garis besar tujuan penilaian adalah untuk pengumpulan informasi dan tolak ukur keberhasilan seseorang dalam mengambil keputusan, lulus tidaknya seseorang berdasarkan acuan kriteria dan indikator yang ingin dicapai.

Kurikulum 2013 memiliki tiga aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku. Penilaian pengetahuan merupakan penilaian untuk mengukur kemampuan siswa yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif serta kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tinggi. Penilaian diri dalam penilaian sikap merupakan teknik penilaian terhadap diri sendiri (peserta didik) dengan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan sikapnya dalam berperilaku. Hasil penilaian diri peserta didik dapat digunakan sebagai data konfirmasi perkembangan sikap peserta didik. Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu di dalam berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Pelaksanaan penilaian keterampilan dilaksanakan dengan penilaian kinerja praktik.

DOWNLOAD CONTOH RUBRIK DAN LEMBAR PENILAIAN

Also Read: