Update
---

PROGRAM KERJA KOMITE SEKOLAH

DOWNLOAD PROGRAM KERJA KOMITE SEKOLAH SMP/MTs
PROGRAM KERJA KOMITE SEKOLAH

 PROGRAM KERJA KOMITE SEKOLAH

Intel Madrasah - Program Kerja Komite Sekolah - Komite Sekolah adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, baik pada pendidikan pra sekolah, jalur pendidikan sekolah maupun jalur pendidikan di luar sekolah berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arahan, dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. 

Dalam Permendikbud disebutkan bahwa Komite Sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orangtua/wali peserta didik, komunitas sekolah, pakar pendidikan, serta tokoh masyarakat yang peduli terhadap pendidikan. Peran komite sekolah adalah : Sebagai lembaga pemberi Pertimbangan (advisory agency) dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan di satuan pendidikan. Sebagai lembaga pendukung (supporting agency), baik yang berwujud finansial, pemikiran, maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan.

Komite sekolah melaksanakan peran dan fungsinya sebagai partner dari kepala sekolah, untuk mengelola berbagai sumber daya pendidikan yang ada dalam rangka melaksanakan pengelolaan dan peningkatan mutu pendidikan, memberikan fasilitas dan dukungan bagi guru dan siswa, sehingga pembelajaran menjadi efektif. Dengan bergabung menjadi komite sekolah kita akan sering bertemu dan berinteraksi dengan tenaga pendidik dan guru-guru di sekolah. Ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk bisa berkenalan, membangun hubungan baik, dan lancar berkomunikasi dengan mereka.
Adapun Tugas dan Kewajiban Komite Sekolah diantaranya yaitu:

  1. Menyusun AD dan ART Komite Sekolah.
  2. Mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.
  3. Melakukan kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

Pada setiap jenjang sekolah terdapat komite sekolah dari mulai jenjang TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK terdapat komite sekolah. Dalam melaksanakan Tugas dan Kewajibannya Komite Sekolah harus menyusun Program sesuai dengan jenjang sekolahnya. Contoh nya Program Kerja Komite Sekolah TK, Program Kerja Komite Sekolah SD/MI, Program Kerja Komite Sekolah SMP/MTs, Program Kerja Komite Sekolah SMA/MA/SMK.

Berikut Contoh Program Kerja Komite Sekolah yang admin sediakan bisa di akses pada link download di bawah ini.

DOWNLOAD PROGRAM KERJA KOMITE SEKOLAH SMP/MTs

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi di sekolah/madrasah bapak/ibu, silahkan sesuaikan dengan sekolah/madrasah bapak/ibu guru masing-masing.

Also Read: