Update
---

ANALISIS SKL AL QUR'AN HADITS KELAS 7 8 9 K13

DOWNLOAD ANALISIS SKL AL QUR'AN HADITS  KELAS 7 8 9 K13
ANALISIS SKL AL QUR'AN HADITS KELAS 7 8 9 K13

 ANALISIS SKL AL QUR'AN HADITS 

KELAS 7 8 9 K13

Intel Madrasah - Analisis SKL Al qur'an Hadits Kelas 7 8 9 K13 - Kata al- aquran berawal dari bahasa arab yang artinya bacaan. Arti al- quran menurut istilah yakni kalamullah yang diturunkan kepada rasul muhammad saw, membaca nya ialah ibadah, susunan kata serta isi nya ialah mu’ jizat. Termaktub dalam mushaf serta di nukil dengan cara mutawatir.

Al- qur’ a ialah prinsip untuk tiap mukmin. Oleh sebab itu, tiap mukmin hendaknya tidak jemu serta jenuh untuk mempelajari ajaran yang terkandung di dalam nya. Dengan menguasai isi nya, kita hendak bisa menempuh hidup ini sesuai dengan perintah Allah swt. Dengan begitu, kita akan selamat di dunia serta alam akhirat. Seperti perihalnya al- quran, perkataan nabi juga pula amat berarti untuk kehidupan pemeluk islam. Islam berkata, kalau al- quran merupakan kalam Allah yang diturunkan pada rasul Muhamad saw. Lewat malaikat jibril al- quran ini juga di pandang sebagai ke agungan serta penjelasan.

Penyusunan kurikulum Al qur'an Hadits masih terkait dengan Permendiknas  nomor 22 dengan memperhatikan hal-hal berikut :

a.    Kurikulum al-quran hadist yang tertuang dalam permen 22 pada jenjang sebelum nya (sd/mi)

b.    Kebutuhan siswa pada usia mts yang pada dasar nya mulai di kenakan hukum sebagai mukalaf.

Kurikulum Al- quran Hadits ialah kelanjutan serta kelangsungan dengan kurikulum al- quran hadist pada tahapan MI serta MA, paling utama pada kemampuan membaca Al- quran Hadits, pemahaman surat pendek serta mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. 

Ruang lingkup SKL Qurdis kelas 7 8 9 k13 adalah bagaimana mengsingkronisasikan antara kurikulum dan materi pembelajran al-quran hadist dengan hasil yang di capai siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru sebagai pendidik terhadap standar kompetensi lulusan yang telah direncanakan pemerintah.

Adapun standar kompetensi lulusan (SKL) antara lain

  1. Memahami dan mencintai al-quran dan hadist sebagai pedoman hidup umat islam.
  2. Meningkatakan pemahaman surat al-fatehah, dan surat pendek pilihan melalui upaya menerapkan cara membaca nya, menamgkap makna nya memahami kandungan isi nya dan mengaitkandengan fenomena kehidupan.
  3. Menghapal dan memahami makna hadist yang terkait dengan tema isi dari skl tersebut dapat diketahui bahwa siswa/ peserta didik harus bisa dan mampu untuk mencapai standar kompetensi lulusan tersebut sehingga dalam jangka panjang mampu untuk meng aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun SK KD Qurdis kelas 7, 8, dan 9 Kurikulum 2013 yaitu:

Kelas VII

Semester 1

SK: memahami al-quran dan hadist sebagai pedoman hidup.

KD:1. Menjelaskan pengertian dan fungsi aL-qur’an dan hadist
       2. Mejelaskan cara memfungsikan al-qur’an dan hadist
       3. Menerapkan al-qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup umat islam.

Semester 2

SK :  membaca al-qur’an surat pendek pilihan

KD : 1. Menerapkan hukum bacaan mim sukun dalam Q.S. al-bayinah dan al-kafirun

Kelas VIII

Semester 1

SK : membaca al-quran surat pendek pilihan

KD : menerapkan hukum bacaan qalqalah,tafkhim dalam al-qur’an.

Semester 2

SK : membaca al-quran surah pendek pilihan

KD : menerapkan hukum bacaan lam dan ro’ dalam Q.S al-humazah dan at-takasur.

DOWNLOAD ANALISIS SKL AL QUR'AN HADITS 

KELAS 7 8 9 K13

Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL) mapel Qurdis kelas 7, 8, dan 9 MTs Semester 1 & 2 Kurikulum 2013 bisa bapak/ibu guru gunakan untuk melengkapi administrasi guru di sekolah/madrasah. Semoga bisa meringankan dan memudahkan bapak/ibu guru dalam mengajar dan menjalankan kewajiban sebagai guru yang profesional. Berikut Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL)  Qur'an Hadits kelas 7, 8, dan 9 MTs Semester 1 & 2 Kurikulum 2013 bisa diakses di link download di bawah ini.

  1. DOWNLOAD ANALISIS SKL AL QUR'AN HADITS KELAS 7 KURIKULUM 2013
  2. DOWNLOAD ANALISIS SKL AL QUR'AN HADITS KELAS 8 KURIKULUM 2013
  3. DOWNLOAD ANALISIS SKL AL QUR'AN HADITS KELAS 9 KURIKULUM 2013
Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk bapak/ibu dalam melengkapi administrasi guru di sekolah/madrasah.

Also Read: