Logo dan Filosofi Hari Guru Tahun 2022 - Kemenag

Logo dan Filosofi Hari Guru Tahun 2022
Logo dan Filosofi Hari Guru Kemenag Tahun 2022

Logo dan Filosofi Hari Guru Tahun 2022 Kemenag


Intel Madrasah - Logo dan Filosofi Hari Guru Tahun 2022 - Kementerian Agama Republik Indonesia telah resmi meluncurkan logo hari guru tahun 2022. Hari Guru diperingati setiap tanggal 25 November.

Peringatan hari guru tahun 2022 mengusung tema “Berinovasi Mendidik Generasi”. Berinovasi adalah keluwesan dalam menyikapi atau menghadapi kondisi tertentu, menyelaraskan teks dan konteks tanpa meninggalkan esensi. Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia menyebabkan hampir seluruh sektor terkena dampak, tidak terkecuali dunia pendidikan. Sementara proses pendidikan harus tetap berjalan untuk memastikan bahwa para generasi unggul bangsa Indonesia harus tetap terpenuhi haknya dengan mendapatkan pendidikan terbaik. Tenaga pendidik dituntut untuk mampu memberi dan menjadi solusi dengan melakukan inovasi, karena inovasi adalah sebuah kebutuhan dan keharusan di era kebiasaan baru.

Mendidik generasi adalah tanggung jawab bersama yang berkesinambungan untuk mempersiapkan SDM unggul di masa mendatang. Tidak hanya memahami dan menguasai pengetahuan, melainkan harus diimbangi dengan implementasi nyata yang berjalan beriringan dengan etika. Karena inti dari pendidikan adalah mewujudkan generasi unggul dengan pengetahuan yang beretika.

Filosofi Hari Guru Tahun 2022

Pada tahun 2022 ini Hari Guru yang mengusung tema Berinovasi Mendidik Generasi memiliki Filosofi sebagai berikut:

Bunga Tulip

Bunga Tulip pada logo hari guru tahun 2022 memiliki filosofi sebagai Simbol kasih sayang yang tak terhingga, merepresentasikan kasih sayang guru yang mendalam kepada muridnya.

Matahari

Matahari dari logo hari guru tahun 2022 melambangkan cahaya atau ilmu, bahwa seorang guru madrasah harus 

Pendidik atau guru yang terdiri dari Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yg secara ikhlas mendidik (pahlawan tanpa tanda jasa) untuk melahirkan generasi-generasi yang unggul, cerdas, dan berprestasi.

Pena

Pena dalam logo hari guru tahun 2022 melambangkan kreativitas guru madrasah yang mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan pendidikan yang ia hadapi.

Buku

Buku memiliki filosofi sebagai jendela ilmu yang merupakan media dan sumber informasi bagi guru untuk menemukan ide-ide aktual sehingga menghasilkan inovasi-inovasi baru sesuai dengan kebutuhan zaman.

Daun

Daun dalam logo peringatan Hari Guru Nasional menggambarkan kontribusi guru-guru Madrasah yang memiliki dedikasi dan pengabdian yang tulus dalam mengajar dan mendidik siswanya.

Garis Zigzag

Garis Zigzag sebagai gambaran transformasi guru Madrasah yaitu kemauan beradaptasi di segala kondisi untuk menjadi guru yang hebat.

memiliki ilmu yang luas dan dalam. al-Ilmu Nurun (Ilmu adalah cahaya).

Warna Logo

Sedangkan Ragam warna pada logo pada hari guru tahun 2022 merepresentasikan sifat yang dimiliki oleh guru.

Download Logo Hari Guru Kementerian Agama Tahun 2022

Link copied to clipboard