Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.
Penelusuran Trending (7 hari terakhir)

Pedoman EXPO Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Jenjang SMA/MA Tahun 2022

 

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) hadir untuk memastikan Indonesia siap menjadi tonggak kemandirian ekonomi global dimasa depan. FIKSI diselenggarakan untuk memberikan wadah berekspresi dan mengembangkan diri bagi anak Indonesia yang memiliki minat dan bakat istimewa dibidang wirausaha. Menjadi seorang entrepreneur merupakan alternatif pilihan yang bijak dan menekuninya secara sungguh-sungguh dapat menjadi modal untuk meraih kesuksesan dimasa depan. Melaui FIKSI, generasi muda Indonesia khususnya siswa SMA/MA diharapkan dapat terus meningkatkan kepercayaan diri dan kecakapan dalam berinovasi menghasilkan berbagai ide dan kreasi wirausaha.

Di tahun 2022 ini Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) SMA/MA memasuki pelaksanaannya yang ke-7, kami terus melakukan transformasi di tiap tahunnya dan telah berlangsung sejak tahun 2016. FIKSI 2022 ini memiliki tantangan khusus, dengan masih berlakunya pembatasan pergerakan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler. Pembatasan pergerakan dan interaksi ini juga berpengaruh pada seluruh lini usaha, sehingga mengganggu tren (permintaan) pasar, mulai dari skala lokal, nasional, hingga global. Tahun 2022 ini pun membawa momentum Presidensi G20 Indonesia, bertema “Recover Together, Recover Stronger” sebagai pesan pemulihan bersama dan semangat kolaborasi. G20 2022 mengusung tiga isu prioritas, yaitu (1) arsitektur kesehatan global, (2) transformasi digital, dan (3) transisi energi. Presidensi G20 Indonesia ini dapat menjadi momentum berharga yang dapat dimanfaatkan oleh penyelenggaraan FIKSI untuk dapat menunjukkan relevansi arah pengembangan kegiatan pembelajaran siswa. G20 membuka peluang untuk ditampilkannya praktik terbaik dalam lingkup isu-isu prioritas tersebut, dengan konteks Indonesia, sebuah negara kepulauan di belahan bumi selatan yang kaya akan sumber daya alam dan budaya, padat penduduk, serta didominasi oleh generasi usia produktif.

Beradaptasi dengan kondisi dan momentum ini, FIKSI 2022 diharapkan dapat menghilirisasi dan memutakhirkan ide/gagasan para siswa, juga guru pendampingnya, dalam menginisiasi model dan rencana bisnis yang relevan dengan perkembangan dan kebutuhan masa kini dan mendatang.

Pelaku utama inovasi dan kewirausahaan pada ajang FIKSI ini adalah siswa SMA/MA Indonesia, yang berjiwa Post Millennial, dengan karakteristik berkemampuan memanfaatkan perubahan teknologi serta keinginan untuk menjadi unik. Dengan memperhatikan karakteristik tersebut, FIKSI selalu dikaitkan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan sebagai kesepakatan global yang mengandung 5 pilar People, Planet, Prosperity, Peace & Partnership. Semangat ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi Pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) untuk siswa SMA/MA, yang terdiri atas dua bagian, yaitu Prakarya dan Kewirausahaan.

Puncak dari program FIKSI adalah Pameran kewirausahaan SMA/MA. Pameran Kewirausahaan merupakan suatu bentuk kegiatan mempertunjukkan, memperagakan, memperkenalkan, mempromosikan dan menyebarluaskan informasi produk maupun informasi visual hasil karya Finalis FIKSI SMA/MA 2022. Pada tahun ini, sebanyak 100 kelompok finalis FIKSI SMA/MA yang lolos akan diundang untuk untuk mempresentasikan dan memamerkan produk wirausaha mereka secara virtual dalam kegiatan Pameran Kewirausahaan. Selain itu, para finalis akan mengikuti rangkaian kegiatan seru lainnya guna menambah skill finalis dalam bidang kewirausahaan serta mendapat dukungan dari masyarakat.

Pedoman ini disusun untuk memberikan gambaran pelaksanaan EXPO FIKSI 2022 dengan tema “Sinergi Talenta Unggul untuk Masa Depan Tangguh” dan tema Spesifik EXPO “MetamorFIKSI”.

UNDUH PEDOMANNYA KLIK DISINI

EXPO FIKSI Pedoman Pedoman EXPO Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Jenjang SMA/MA Tahun 2022