Logo Hari Guru Nasional (HGN) Kementerian Agama Tahun 2022

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 Kementerian Agama Republik Indonesia meluncurkan logo dan tema HGN Kemenag 2022. Tema peringatan HGN Tahun 2022 adalah “Berinovasi Mendidik Generasi”.

Tema tersebut mengandung beberapa makna yakni kata “berinovasi” adalah keluwesan dalam menyikapi atau menghadapi kondisi tertentu, menyelaraskan teks dan konteks tanpa meninggalkan esensi. Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia menyebabkan hampir seluruh sektor terkena dampak, tidak terkecuali dunia pendidikan. Sementara proses pendidikan harus tetap berjalan untuk memastikan bahwa para generasi unggul bangsa Indonesia harus tetap terpenuhi haknya dengan mendapatkan pendidikan terbaik. Tenaga pendidik dituntut untuk mampu memberi dan menjadi solusi dengan melakukan inovasi, karena inovasi adalah sebuah kebutuhan dan keharusan di era kebiasaan baru.

Selanjutnya kalimat “Mendidik generasi” adalah tanggung jawab bersama yang berkesinambungan untuk mempersiapkan SDM unggul di masa mendatang. Tidak hanya memahami dan menguasai pengetahuan, melainkan harus diimbangi dengan implementasi nyata yang berjalan beriringan dengan etika. Karena inti dari pendidikan adalah mewujudkan generasi unggul dengan pengetahuan yang beretika.

Sementara filosofi bentuk dan warna logo HGN Tahun 2022 adalah:

1.    Bunga Tulip
Simbol kasih sayang yang tak terhingga, merepresentasikan kasih sayang guru yang mendalam kepada muridnya.

2.    Matahari
Melambangkan cahaya atau ilmu, bahwa seorang guru madrasah harus memiliki ilmu yang luas dan dalam. al-Ilmu Nurun (Ilmu adalah cahaya).

3.    Pendidik
Pendidik yang terdiri dari Guru dan Tenaga Kependidikan yg secara ikhlas mendidik (pahlawan tanpa tanda jasa) untuk melahirkan generasi-generasi yang unggul, cerdas, dan berprestasi.

4.    Pena
Melambangkan kreativitas guru madrasah yang mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan pendidikan.

5.    Buku
Jendela ilmu yang merupakan media dan sumber informasi untuk menemukan ide-ide  aktual sehingga menghasilkan inovasi-inovasi baru sesuai dengan kebutuhan zaman.

6.    Daun
Melambangkan kontribusi guru - guru Madrasah yang memiliki dedikasi dan pengabdian yang tulus dalam mengajar dan mendidik siswa.

7.    Garis Zigzag
Transformasi guru Madrasah yaitu kemauan beradaptasi di segala kondisi untuk menjadi guru yang hebat (great teachers).

8.    Warna Logo
Ragam warna pada logo merepresentasikan sifat-sifat yang dimiliki guru.
Emas : Ceria dan optimis
Hijau : Religius dan harmonis
Biru : Cerdas dan bijaksana
Crimson : Hangat (simpati dan empati)

Peringatan HGN Kemenag Tahun 2022 juga dimeriahkan dengan beberapa kegiatan yaitu Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berprestasi, Inspiratif, Inovatif dan Berdedikatif. Informasi lengkapnya bisa klik https://bit.ly/anugerahgtkmadrasah2022, serta Lomba Foto dan Video GTK Madrasah, tuturnya.

Link copied to clipboard