Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.
Penelusuran Trending (7 hari terakhir)

Standar Dokumen Administrasi Madrasah

Standar Dokumen Administrasi Madrasah - Standards) ini bermula dari sebuah keprihatinan atas lemahnya sistem tata kelola administrasi madrasah.
Standar Dokumen Administrasi Madrasah

Standar Dokumen Administrasi Madrasah 

MI-MTs-MA

INTEL MADRASAH - Standar Dokumen Administrasi MadrasahStandards) ini bermula dari sebuah keprihatinan atas lemahnya sistem tata kelola administrasi madrasah. Fakta menunjukkan bahwa sebagian madrasah terutama madrasah yang belum terakreditasi– mengalami kesulitan untuk mewujudkan tata kelola administrasi modern yang lebih tertib, transparan, dan akuntabel (good governance). Akuntabilitas tata kelola administrasi merupakan sebuah keniscayaan dan tuntutan mutlak seiring dengan trend organisasi modern yang mengusung nilai-nilai good governance dewasa ini. Dalam konteks pendidikan, tata kelola administrasi yang baik dan akuntabel merupakan salah satu necessary conditions dan pilar penting bagi upaya peningkatan mutu pendidikan Madrasah. Hal ini sejalan dengan pilar penting dari Renstra Pembangunan Pendidikan Islam 2010-2014 yang menekankan pentingnya mutu tata kelola pendidikan.

Berangkat dari hal tersebut, buku Pedoman Administrasi Madrasah ini bertujuan memberikan pedoman alternatif terutama bagi Madrasah yang “belum terakreditasi” atau bahkan “tidak terakreditasi” dalam rangka memenuhi standar tata kelola administrasi modern yang lebih tertib, transparan, dan akuntabel sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Secara lebih spesifik, buku ini diharapkan dapat membantu Madrasah dalam upaya mencapai hasil akreditasi yang berkualitas (authentic accreditation) terutama dari sisi manajemen administrasi madrasah yang modern dan akuntabel.

Buku ini berisi sejumlah dokumen/template standar minimal yang terdiri dari 6 (enam) bab utama, yaitu: (i) administrasi kurikulum, (ii) administrasi pendidik dan tenaga kependidikan, (iii) administrasi bimbingan konseling dan kesiswaan, (iv) administrasi sarana prasarana, (v) administrasi keuangan, dan (vi) administrasi tata usaha dan tata persuratan. Dokumen/template yang ada di buku ini bukanlah format baku yang bersifat final, tetapi dokumen/template yang ada dalam buku ini hanya merupakan contoh/model format minimal yang bersifat fleksibel dalam arti dapat disesuaikan dan dikembangkan sesuai dengan kondisi, kebutuhan, dan karakteristik satuan pendidikan madrasah masing-masing.

Untuk memudahkan madrasah dalam menggunakan dan mengembangkan template-template yang disediakan dalam buku ini, buku ini dilengkapi dengan sebuah DVD yang berisi soft copy buku dalam format PDF beserta kumpulan soft file dalam format microsoft word dan/atau microsoft excel. Hal ini bertujuan untuk mempercepat sosialisasi isi buku ini kepada para warga madrasah secara lebih luas. Semua bahan terkait buku ini dalam format PDF dan soft file dalam format microsoft word dan microsoft excel dapat diunduh di www.pendis.kemenag.go.id atau www.madrasah.kemenag.go.id atau www.akreditasi.madrasah.info.

Dengan metode sosialisasi seperti itu, madrasah diharapkan dapat mengembangkan template/format yang ada sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik madrasah masing-masing secara efektif dan efisien. Di masa mendatang, kami berharap standar dokumen/template yang ada di buku ini dapat terus disempurnakan dan dapat dikembangkan lagi menjadi sistem aplikasi manajemen administrasi madrasah yang lebih baik. Oleh karena itu, saran, kritik, dan masukan yang konstruktif sangat kami harapkan demi penyempurnaan standar dokumen/template yang ada di buku ini. Saran, kritik, dan masukan dapat disampaikan via email: subditlembaga_ditpenmad@kemenag.go.id.

Dalam penyusunan buku ini, kami telah melakukan pembahasan yang melibatkan berbagai stakeholder dan praktisi pendidikan Madrasah –Kepala TU Madrasah Negeri dan Kepala Seksi Kelembagaan Kanwil Kementerian Agama 33 Provinsi seluruh Indonesia– melalui kegiatan Workshop Penyusunan Pedoman Administrasi Madrasah yang dilaksanakan pada bulan Mei 2012 di Bandung. Atas tersusunnya buku ini, kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi beberapa pihak, terutama kepada Sdr. Arief Rahman, S.Kom –Kepala TU MAN 13 Jakarta– atas kontribusi besarnya dalam membantu menyiapkan sejumlah dokumen/template standar dalam pengelolaan administrasi madrasahnya yang tengah menerapkan standar ISO. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Tim SSQ-C3 atas dukungan teknis yang diberikan, sehingga buku ini dapat diterbitkan. Tak lupa, kami juga mengucapkan terima kasih atas kontribusi pemikiran dan masukan dari para praktisi pendidikan madrasah dan para pihak yang baik secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan kontribusi dalam penyusunan buku ini.

Akhirnya, kami berharap buku pedoman ini dapat bermanfaat dan menjadi rujukan bagi madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Madrasah melalui peningkatan layanan administrasi dan tata kelola madrasah yang transparan dan akuntabel.

Daftar Isi Standar Dokumen Administrasi Madrasah

  • ADMINISTRASI KURIKULUM
  • ADMINISTRASI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PTK)
  • ADMINISTRASI BIMBINGAN KONSELING DAN KESISWAAN
  • ADMINISTRASI SARANA PRASARANA
  • ADMINISTRASI KEUANGAN MADRASAH
  • ADMINISTRASI TATA USAHA DAN TATA PERSURATAN

Download Standar Dokumen Administrasi Madrasah


Untuk dapat mengunduh file standar administrasi dokumen madrasah, sahabat silahkan klik tautan diatas. Terimakasih !

Administrasi Administrasi Madrasah Intel Madrasah