Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.
Penelusuran Trending (7 hari terakhir)

Download Standar Dokumen Administrasi Madrasah

Standar Dokumen Administrasi Madrasah - Standards) ini bermula dari sebuah keprihatinan atas lemahnya sistem tata kelola administrasi madrasah.
Download Standar Dokumen Administrasi Madrasah

Download 

Standar Dokumen Administrasi Madrasah 

INTEL MADRASAH - Standar Dokumen Administrasi Madrasah - Kita patut bersyukur bahwa keberadaan madrasah saat ini telah mengalami transformasi dan lompatan-lompatan yang signifikan dalam konteks sistem pendidikan nasional. Seperti diketahui bahwa sejarah keberadaan lembaga pendidikan Islam di Indonesia mengalami tahapan dan proses yang cukup panjang dalam proses pengarusutamaan pendidikan Islam (mainstreaming of Islamic education) dalam sistem pendidikan nasional. Lahirnya UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan memberikan legitimasi yang kuat bagi eksistensi lembaga pendidikan Islam (madrasah dan pesantren) sebagai bagian integral dari sistem pendidikan nasional. Dengan ini, madrasah tidak lagi hanya setara, melainkan sama dengan sekolah.

Meski demikian, salah satu masalah krusial yang sering dihadapi sebagian besar madrasah adalah persoalan manajemen atau tata kelola administrasi yang belum sepenuhnya menerapkan prinsip dan nalar administrasi modern yang mengusung nilai-nilai transparansi (transparency) dan akuntabilitas (accountability). Seiring dengan semangat dan tuntutan good governance dewasa ini, tata kelola dan manajemen yang akuntabel merupakan sebuah keniscayaan dan tuntutan mutlak. Akuntabilitas tata kelola pendidikan merupakan necessary conditions bagi upaya peningkatan mutu pendidikan Madrasah. Hal ini sebagaimana sejalan dengan salah satu pilar penting Renstra Pembangunan Pendidikan Islam 2010-2014.

Dalam konteks ini, saya mengapresiasi dan menyambut baik atas penerbitan Buku Standar Dokumen Administrasi Madrasah (SDAM). Saya berharap buku ini dapat dijadikan pedoman dan referensi alternatif khususnya bagi Madrasah yang belum mempunyai kapasitas untuk mengelola administrasi pendidikan secara baik, tertib, dan akuntabel. Namun, saya berharap dokumen standar yang ada di buku ini tidak malah membelenggu kreativitas Madrasah, akan tetapi justru saya berharap buku yang memuat sejumlah dokumen/template standar ini harus dapat dijadikan sumber inspirasi, kreativitas, serta inovasi Madrasah dalam mengelola administrasi madrasah secara baik dan benar.

Atas terbitnya buku yang sangat bermanfaat ini, saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan buku ini. Akhirnya, saya berharap semoga Madrasah terus maju dan jaya, sehingga Madrasah is truely the golden bridge to the future

Unduh Lengkap File Standar Dokumen Administrasi Madrasah Versi Word


Administrasi Administrasi Madrasah Intel Madrasah