Mengenal Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI)

 Mengenal Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI)


AKMI mengajak masyarakat guru untuk membuka lembar paradigma dalam penguatan pengajaran. AKMI Berfokus pada kemampuan peningkatan kemampuan berpikir dalam literasi membaca, numerasi, sains dan sosial budaya di semua jenjang.

Menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan lebih tinggi dalam memecahkan masalah-masalah berbasis saintifik, data (angka) terpercaya, dan bersifat humanis. Berketerampilan literasi dapat meningkatkan nilai kejujuran dalam mengungkapkan analisis, serta disiplin dalam mengelola dan menyelesaikan permasalahan dengan cerdas dan apik.

TUJUAN DAN SASARAN AKMI

Tujuan

  1. AKMI dirancang sebagai instrumen penilaian untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi perbaikan sistem pembelajaran di madrasah, mulai dari kelas madrasah, tingkat kabupaten/koa, tingkat provinsi, dan tingkat nasional,
  2. Hasil AKMI dijadikan referensi akademik dalam mendiagnosa dan mengintervensi proses pembelajaran, penyusunan atau perbaikan buku ajar, maupun intervensi kebijakan lainnya, termasuk kebijakan moderasi beragama.

Sasaran

Peserta didik kelas 5 MI, kelas 8 MTs , dan kelas 11 MA dengan harapan melalui hasil AKMI ada kesempatan untuk membina dan mendampingi peserta didik untuk perbaikan pembelajaran, hingga mencapai profil lulusan yang diharapkan.

Komponen Instrumen AKMI

BIMTEK TINDAK LANJUT

Bimtek Tindak Lanjut merupakan kegiatan yang dirancang untuk intervensi pembelajaran yang disesuaikan dengan hasil AKMI dan sebagai alternatif pemecahan masalah dengan melakukan umpan balik atau feedback terhadap pola jawaban-jawaban yang dieksekusi oleh peserta didik, dengan demikian program kegiatan atau tindak lanjut dapat disusun secara tepat dan akurat.
Langkah-langkah program tindak lanjut:
  1. Masalah belajar peserta didik.
  2. Identifikasi peserta didik

Link copied to clipboard