Update
---

APLIKASI KARTU NISN BERBASIS EXCEL

APLIKASI KARTU NISN BERBASIS EXCEL ini dibuat untuk mempermudah madrasah dalam keperluan NISN Siswa, banyak aplikasi sejenisnya yang sudah teman oprator lainnya bagikan.
Pada dasarnya outputnya sama hanya mungkin beda tampilan outputnya / backgroundnya saja.

Ada beberapa menu yang terdapat pada aplikasi ini, diantaranya :
1. Data Utama - Profil , terdiri dari Nama Sekolah/Madrasah, Alamat, Telp, Kepala Madrasah. NIP, Tanggal Kartu, dan Ikrar Siswa.


Pada kolom NIP disarankan menggunakan tanda petik (') di awal karna format NIP adalah noumber.
Ikrar Siswa di isi dengan ikrar/ tata tertib untuk siswa yang akan di cetak pada halaman belakang kartu.

2. Data Utama - Desain Kartu.

Untuk desain kartu halaman depan dan belakang boleh di bedakan dan boleh disamakan sesuai dengan keingnan bapak/ibu di madrasah dengan catatan gambar berukuran 5,8cm x 6,0cm.
Stempel Sekolah, Tandatanagn Kepala dan Logo Harus berformat .PNG, Gunakan metode change picture pada stempel, tandatangan dan logo seperti gambar berikut.



3. Data Utama - Data Siswa.

Pada Menu ini yang wajib dei perhatikan adalah urutan foto siswa yang harus sesuai dengan urutan nanti saat input foto di menu Data Foto 

4. Data Utama - Data Foto.

Menu ini bertujuan untuk mengupload foto siswa, No, Nama dan Urutan Foto akan secara otomatis sesuai dengan menu data siswa/data master. untuk mnambahkan foto silahkan posisikan terlebihdahulu mouse pada kolom foto yang akan di insert kemudian tekan tombol Insert Foto. 
Tmbol Hapus Foto digunakan untuk menghapus keseluruhan foto yang sudah di insert.

5. Data Utama - Cetak Halaman Depan & Belakang
Menu Halaman Depan & Belakang adalah langkah terakhir untuk mencetak KARTU NISN BERBASIS EXCEL ini. Perlu di perhatikan bahwa setiap lembarnya terdiri dari 10 kartu/siswa yang akan di cetak, selanjutnya menekan arah atas dan bawah untuk maju/mundur ke halaman lainnya.

Untuk Mencetak kartu disarankan menggunakan kertas VPC dengan ukuran Paper Width 200 dan Paper Height 300, dan jangan lupa cetak dengan Metode Miror pada setingan printer.

Sekilas Pengertian NISN

Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

Tujuan dan Manfaat

  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.
Sahabat Operator dapat menggunakan APLIKASI KARTU NISN BERBASIS EXCEL ini secara gratis. 

Demikian yang bisa admin sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi bapak/ibu, jangan lupa dukung channel kami disini

Cetek NISN Online 


Also Read: