https://www.profitablegatecpm.com/yd07iw6m?key=730085b84b76c8c3ca93a247be17bbb4 Mekanisme Pelaksanaan ABM 2023 - Intel Madrasah

Mekanisme Pelaksanaan ABM 2023

Mekanisme Pelaksanaan ABM 2023

Mekanisme Pelaksanaan ABM 2023

Intel Madrasah - Mekanisme Pelaksanaan ABM 2023 - Asesmen Bakat dan Minat (ABM) merupakan tes mengukur potensi seseorang yang dirancang untuk memprediksi kemampuannya pada bidang-bidang khusus serta minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada auatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. Eksplorasi Bakat Minat dan Transformasi Seleksi Nasional Mahasiswa Baru PTN. 

Tujuan dan Manfaat

Tujuan 

Memberikan informasi ke siswa, sekolah, ataupun orang tua mengenai potensi siswa tersebut pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur sehingga diharapkan dapat membuat arah pengembangan dirinya secara lebih jelas dan terencana.

Manfaat

Memprediksi kemampuan siswa jika mendapat kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

Aspek Asesmen Bakat 

01 Verbal
02 Kuantitatif
03 Penalaran
04 Spasial
05 Mekanika
06 Bahasa
07 Klerikal

Verbal

mengukur kemampuan pemahaman konsep-konsep berbentuk verbal atau teks yang bersifat abstrak, kompleks, dan implisit, serta mengungkap performa siswa dalam menghadapi aktivitas yang berhubungan dengan informasi atau gagasan yang diekspresikan secara verbal, misalnya memahami konsep suatu gagasan, menjabarkan konsep ke dalam sesuatu yang bersifat operasional, mengategorikan kata berdasarkan persamaan dan perbedaannya.

Kuantitatif

mengukur kemampuan memecahkan masalah yang melibatkan informasi dalam bentuk numerik atau kuantitatif dengan efektif, dan mengungkap performa siswa dalam menghadapi aktivitas seperti menggunakan operasi bilangan,mengestimasi, memprediksi, dan menentukan hubungan dari informasi-informasi berupa angka dan simbol matematika.

Penalaran

mengukur kemampuan untuk memilih dan mengorganisasi informasi yang relevan untuk menyelesaikan masalah serta menemukan prinsip yang melandasi hubungan antar konsep/informasi yang bersifat kompleks.
Aspek ini mengungkap performa siswa dalam berpikir logis, mengambil keputusan yang tepat, dan membuat pertimbangan dengan menggunakan informasi yang lebih komprehensif.

Spasial

mengukur kemampuan memahami informasi berbentuk gambar dan memecahkan masalah dari stimulasi gambar. Aspek ini mengungkap performa siswa ketika melakukan pekerjaan yang melibatkan gambar misalnya mengamati peta, menelaah bangun ruang dari berbagai perspektif, menentukan titik koordinat, atau membuat sketsa gambar 3 dimensi.

Mekanika

mengukur kemampuan pemahaman prinsip-prinsip kerja mekanika dasar sehingga mampu memahami cara kerja peralatan atau mesin–mesin sederhana maupun yang lebih kompleks.
Aspek ini mengungkap performa siswa ketika dihadapkan pada tugas-tugas yang berkaitan dengan peralatan seperti mesin atau perkakas, melakukan perakitan, bongkar pasang peralatan, atau memasang komponen suatu barang.

Penggunaan Bahasa

mengukur kemampuan dalam menangkap gagasan dari suatu kalimat atau bacaan serta mengomunikasikan gagasannya menggunakan bahasa baku/tata bahasa yang benar.
Aspek ini bertujuan mengungkap performa siswa ketika dihadapkan pada tugas-tugas yang berhubungan dengan teks, seperti membuat dan menelaah hasil laporan, mengedit suatu berita, serta membuat karangan tertulis.

Klerikal

mengukur kemampuan menyelesaikan tugas-tugas kompleks yang membutuhkan kecepatan, ketelitian, konsistensi, dan daya ingat, serta mengungkap performa siswa ketika melakukan pekerjaan sederhana berulang seperti menyortir barang, mengetik, dan mengumpulkan sesuatu yang berulang-ulang dengan cepat.

Ruang Lingkup

1. Tujuan Dan Manfaat

Bertujuan memberikan informasi ke SP mengenai potensi PD pada bidang-bidang khusus berdasark an aspek yang diukur dan kesesuaian dengan mi natnya. 

Bermanfaat untuk memprediksi kemampuan pes erta didik jika diberikan kesempatan untuk melanju tkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

2. Satuan Pendidikan (SP)

• Jenjang Pendidikan Menengah atas, bentuk pendidikan SMA, SMK, dan MA
• Tidak diwajibkan, hanya bagi memiliki infrastruktur yang memadai

3. Peserta Didik (PD)

• Peserta didik yang duduk ditingkatan kelas 12
• Tidak bersifat wajib, hanya untuk yang berminat dan tidak memiliki hambatan bahasa dan membaca
• Peserta hanya mengikuti satu kali tes pada hari dan sesi yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan

4. Moda Pelaksanaan

• Pelaksanaan layanan ABM tes berbasis komputer (Computerized Based Test - CBT)
• Daring (full Online)

5. Pengelompokan Provinsi (Region)

• Kegiatan ABM dilaksanakan dalam tiga periode dengan kelompok provinsi yang berbeda
• Pelaksanaan ABM pada setiap kelompok provinsi dilaks anakan selama empat hari dengan tiga sesi setiap hari nya

6. Kuota Sesi

Demi kenyamanan dan kelancaran pelaksanaan layanan ABM ini dilakukan pembatasan peserta per-sesi berd asarkan kuota yang ditetapkan oleh pusat

7. Pembiayaan.

BP3 tidak memberi dan menarik biaya apapun ke Satuan Pendidikan. Biaya penyelenggaraan di satuan pendidikan ditanggung secara mandiri oleh satuan pendidikan.

Download Paparan Mekanisme Pelaksanaan ABM 2023


Download Materi Eksplorasi Bakat Minat dan Transformasi Seleksi Nasional Mahasiswa Baru PTN


Link copied to clipboard