Update
---

RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 7 KURIKULUM 2013

DOWNLOAD RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 7 KURIKULUM 2013
RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 7 KURIKULUM 2013

RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 7 KURIKULUM 2013

Intel Madrasah - RPP Akidah Akhlak Kelas 7 Kurikulum 2013 - Dalam setiap melakukan suatu kegiatan/aktivitas tetunya ada perencanaan. Begitu pula dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) harus terprogram dan terencana, karena dalam mengajar seorang guru harus mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan agar tujuan pembelajaran bisa di capai sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Maka dari itu guru harus membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai acuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Dalam pembuatan RPP guru harus mengkaji dan memahami  silabus terlebih dahulu sebagai acuan pembuatan RPP.  Untuk mengkaji silabus, guru harus mengkaji terlebih dahulu kompetensi dasar (KD), indikator, kegiatan belajjar, dan penilaian sesuai dengan kompetensi inti (KI).

Selanjutnya, pembuatan RPP harus disesuaikan dengan tujuan kurikulum dan menyesuaikan dengan aspek peserta didik dan kemampuan peserta didik. Tujuan pembelajaran harus bisa mendorong peserta didik untuk belajar aktif sehingga peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan dengan indikator dan kompetensi dasar (KD).

Di dalam RPP juga harus terdapat penjabaran jenis penilian yang digunakan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran baik berupa penilaian tes atau penilaian non tes, secara tertulis maupun lisan. Contohnya melalui pengamatan kinerja, penilaian sikap, penilaian hasil karya, tugas, proyek, produk, portofolio, dan sebagainya.

Penilaian yang dilakukan harus sesuai dengan tujuan kompetensi yang diharapkan, apabila peserta didik tidak mampu mencapai tujuan kompetensi yang diharapkan, maka guru bisa melakukan tindak lanjut seperti remidi, pengayaan, atau perbaikan lainnya.

Disamping mengkaji silabus, menentukan tujuan pembelajaran, penjabaran jenis ppenilaian. RPP juga harus di serta dengan menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan utnuk bisa mencapai KKM. Dalam menentukan alokasi waktu ini guru harus mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar (KD), minggu efektif, level kesulitan materi, dan kemampuan peserta didik yang beragam dalam menerima materi sehingga alokasi waktu pada kompetensi dasar yang ada bisa saja berbeda.

Dalam penyusunan RPP guru harus memilih sumber belajar yang sesuai dengan tujuan, indikator, dan kompetensi dasar (KD). Sumber belajar yang paling banyak dipakai yaitu buku pelajaran. Akan tetapi guru juga bisa menggunakan sumber belajar lain seperti media elektronik, wawancara, lingkungan belajar, majalah, dan berbagai sumber belajar yang lain.

Adapun komponen yang terdapat pada RPP diantaranya : tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Adapun isi RPP yaitu : identitas, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian.

Sekarang kita berada pada penghujung akhir tahun pelajaran dan sebentarlagi akan menghadapi tahun ajaran baru. Meskipun mungkin bapak/ibu guru masih mempunyai arsip perangkat pembelajaran tahun sebelumnya, akan tetapi alangkah lebih baiknya apabila bapak/ibu guru selalu mengupdate perangkat pembelajaran yang terbaru.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini admin telah menyediakan salah satu perangkat perangkat pembelajaran bagi guru akidah akhlak pada jenjang MTs kelas 7. Untuk mengaksesnya bapak/ibu guru bisa mendownloadnya di link yang admin sediakan di bawah ini.

DOWNLOAD RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 7 KURIKULUM 2013

Demikian sedikit informasi mengenai RPP dan contoh RPP Akidah Akhlak Kelas 7 Kurikulum 13 yang telah admin sediakan, semoga bermanfaat untuk bapak/ibu guru khususnya yang sedang mengajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 7. Semoga kedepannya admin bisa melengkapi RPP kelas 8 dan kelas 9, juga administrasi guru lainnya.

Adapun RPP yang telah admin sediakan bisa bapak/ibu guru sesuaikan dengan sekolah atau madrasah masing-masing. Apabila ada kekurangan dan kesalah admin mohon maaf semoga kedepannya bisa lebih baik lagi, terima kasih atas keritik dan saran bapak dan ibu semoga menjadi doa untuk admin agar lebih baik. Aaaamiiin

Also Read: