Update
---

DOWNLOAD PROTA PROMES FIKIH MTs K13


Program Tahunan dan Program Semester Fikih MTs K13
DOWNLOAD PROTA PROMES FIKIH MTs  K13

DOWNLOAD PROTA PROMES 

FIKIH MTs  K13

Intel Madrasah - Download Prota Promes Fikih MTs K13 -  Salah satu tanda guru profesional adalah guru yang lengkap administrasinya diantaranya yaitu kalender pendidikan, PROMES (Program Semester), PROTA (Program Tahunan), Silabus, Analisis SK dan KD, Asesmen, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), KKM, Jurnal Guru.

Pada tahun pelajaran baru kali ini tentunya guru harus mempersiapkan dokumen atau administrasi guru sebelum mengajar, karena kegiatan belajar mengajar (KBM) harus terencana. Oleh karena itu salah satu tugas administrasi guru adalah membuat perencanaan diantaranya membuat PROTA (Program Tahunan) dan PROMES (Program Semester).

Program Tahunan (PROTA) termasuk administrasi guru yang berisi rencana penetapan alokasi waktu dalam satu tahun untuk mencapai tujuan pembelajaran (KI dan KD) yang sudah dibuat oleh guru diawal semester satu (ganjil). Semenjak dibuatnya regulasi KMA 183 tentang kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab terjadi perubahan setiap tahunnya, oleh karena itu perlu bagi guru untuk melakukan riset atau evaluasi setiap tahunnya meskipun guru masih memiliki arsip PROTA di tahun sebelumnya.

Program Semester (PROMES) merupakan program dalam satu semester yang menjabarkan Program dalam satu tahun yang memuat gambaran pencapaian pembelan dalam satu semester. Dengan adanya Program Semester kegiatan belajar mengajar (KBM) dapat berjalan dengan efisien karena waktu dan materi sudah di susun secara sistematis sesuai dengan kalender pendidikan.

Fungsi Program Tahunan (PROTA)

Adapun fungsi dari program tahunan (PROTA) yaitu :

  • Untuk mengordanisir aktivitas pembelajaran supaya bisa berjalan dengan maksimal.
  • Sebagai pedoman untuk membuat PROMES.
  • Sebagai pedoman untuk menyusun Kaldik (Kalender Pendidikan.
  • Dijadikan acuann untuk memaksimalkan pemakaian waktu efektif. 

Fungsi Program Semester (PROMES)

Adapun fungsi dari program semester (PROMES) yaitu :

  • Mempermudah kewajiban guru ketika melaksanakan pembelajaran sepanjang 1 semester.
  • Membantu guru memusatkan aktivitas untuk menggapai tujuan pembelajaran yang sudah terprogram.
  • Selaku pola dasar untuk menata kewajiban serta wewenang tiap pihak yang mengikuti pembelajaran.
  • Selaku prinsip guru dalam bertugas ataupun belajar.
  • Selaku tolak ukur efektifitas dalam proses pembelajaran.

Cara Menyusun Program Tahunan Fikih MTs K13

Dalam menyusun PROTA, bagian yang wajib ada ialah identitas berupa kelas, muatan pelajaran dan tahun pelajaran. Sedangkan untuk format isi berbentuk KD ataupun tema, subtema, dan alokasi waktu. Ada pula metode menyusun PROTA Fiqih MTs ialah sebagai berikut.

  • Melaksanakan analisa kaldik yang berlaku di wilayah tempat mengajar.
  • Menanadai hari libur nasional atau hari- hari tidak efisien untuk melaksanakan pembelajaran.
  • Menghitung hari belajar efiektif serta jam belajar efektif tiap bulan ataupun semester dalam satu tahun.
  • Menata alokasi waktu untuk KD dengan mempertimbangkan waktu tes dan analisa materi. 

Cara Menyusun Program Semester Fikih MTs K13

Adapun dalam menyusun promes Fiqih MTs, bagian yang wajib terdapat didalamya ialah satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas, semester serta tahun pelajaran. Bagian isi mencakup jumlah materi, tema, subtema dan alokasi waktu. Selanjutnya metode penyusunan promes fiqih MTs yaitu:
  • Menyertakan kompetensi dasar bersama indikatornya.
  • Memastikan jam pelajaran serta jumlah ltatap muka tiap minggu.
  • Menata kebutuhan waktu sesuai dengan kolom bulan dan minggu.
  • Meningkatkan catatan pada kolom keterangan bila memanglah diperlukan. 

Tugas selaku seorang guru memanglah tidak mudah sebab guru tidak hanya berpusat untuk membimbing dan mengajar saja melainkan guru pula harus dapat menunjukkan perlengkapan administrasi yang merupakan perlengkapan seorang guru dalam menyiapkan perencanaan pembelajarannya.

Oleh karena itu admin bagikan contoh file Program Tahunan dan Program Semester Fiqih Kelas VII yang mudah- mudahan akan bermanfaat untuk bapak atau ibu guru yang mengajar di kelas VII MTs. Menyiapkan Program Tahunan Fiqih khususnya untuk Kelas 7 tentu menjadi kewajiban utama masing- masing satuan pembelajaran khususnya Guru mata pelajaran.

Tujuannya supaya seluruh target pada program kurikulum 2013 atau karakteristik kurikulum mata pelajaran dapat terselenggara dengan cara maksimum, dan paling utama ialah dapat berhasil sesuai ketentuan suatu kompetensi yang harus dicapai dan dipelajari peserta didik.

Untuk ibu serta bapak guru yang merasa terbebani dengan peranannya dalam membuat dan menyusun perangkat belajar, kali ini saya berusaha untuk membantu ibu serta bapak guru dalam menyiapkan salah satu perangkat pembelajaran yang di butuhkan di sekolah atau madrasah. 

DOWNLOAD PROTA PROMES FIKIH MTs  K13

Admin telah menyediakan PROTA dan PROMES MTs kelas 7 Kurikulum 2013 terbaru yang bisa di sesuaikan dengan sekolah/madrasah bapak/ibu guru. Berikut kami sediakan linknya di bawah ini.

Download Program Tahunan (PROTA) Fikih MTs K13

Download Program Semester (PROMES) Fikih MTs K13

Semoga PROTA dan PROMES MTs kelas 7 Kurikulum 2013 diatas bermanfaat dan bisa meringankan tugas administrasi guru sebagai guru profesional. Semoga PROTA dan PROMES MTs kelas 7 Kurikulum 2013 diatas bisa menjadi referensi untuk bapak/ibu guru di sekolah masing-masing.

Also Read: