Update
---

Juknis Survei Lingkungan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Download Juknis Survei Lingkungan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Juknis Survei Lingkungan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Juknis Survei Lingkungan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)


Intel Madrasah - Juknis Survei Lingkungan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) - Survei Lingkungan Belajar untuk Pendidikan Anak Usia Dini merupakan program Asesmen Nasional. Sejak tahun 2021, Asesmen Nasional telah diaplikasikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Hasil Survei Lingkungan Belajar menjadi ukuran dasar dalam menafsirkan ulang kerangka kerja pendidikan anak usia dini mulai dari level kebijakan hingga pada tataran teknis di satuan pendidikan. Prinsip utamanya adalah bagaimana kemudian semua pihak baik orang tua, masyarakat dan satuan pendidikan secara sinergis mengambil tanggung jawab yang proporsional dalam mengoptimalkan perkembangan anak secara fisik-motorik, kognitif, sosial, emosional, moral dan spiritual. Adanya variasi dan keseimbangan aktivitas belajar yang secara terencana disiapkan bagi anak-anak melalui lingkungan belajar yang positif.

Pada saat yang sama, satuan pendidikan anak usia dini diharapkan lebih termotivasi untuk mengembangkan kapasitas dalam membawa perubahan pendidikan di satuan pendidikan.

Dengan dukungan survei lingkungan belajar, satuan pendidikan memiliki peluang dengan cara yang tepat untuk melakukan eksplorasi profesional dalam upaya untuk mendukung kesejahteraan, perkembangan, dan pembelajaran anak-anak usia dini.

Sebagai bagian dari Evaluasi Sistem Pendidikan, Survei Lingkungan Belajar ini diharapkan secara konstruktif memberikan informasi dan pemahaman tentang keadaan dan tantangan pendidikan anak usia dini saat ini, sekaligus sebagai masukan untuk memformulasikan kebijakan pendidikan anak usia dini di masa depan.

Semoga melalui Petunjuk Teknis Survei Lingkungan Belajar PAUD ini dapat membawa manfaat bagi kepentingan terbaik bagi pendidikan anak usia dini di masa depan.

Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan petunjuk teknis ini.

Download Juknis Survei Lingkungan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Also Read: