Juknis KSM Tahun 2023

Juknis KSM Tahun 2023

Juknis KSM Tahun 2023

Intel Madrasah - Juknis KSM Tahun 2023

A. Latar Belakang

Deras laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai menimbulkan rasa khawatir kalangan masyarakat, terutama ekses negatif yang muncul dan tidak dapat dinafikan sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Menyikapi kondisi ini, masyarakat mulai berpaling dan menaruh harapan besar kepada madrasah agar dapat menjawab tantangan itu. Sebab di mata masyarakat, madrasah dapat memberikan benteng bagi anak-anak mereka karena madrasah tidak hanya membekali ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga memberikan bekal ilmu agama.

Indikator ini tampak dari kondisi tersebut adalah semakin besar minat orang tua mendaftarkan putra-putri mereka ke madrasah. Fakta ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola madrasah yang harus dijawab dengan langkah-langkah konkret. Prose pembelajaran dan sarana pembelajaran di madrasah harus semakin ditingkatkan, ditunjang dengan guru-guru madrasah yang juga perlu dikembangkan/dibangun kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki. Dengan cara ini maka madrasah dapat semakin mengejar ketertinggalan dari sekolah umum, bahkan sangat mungkin mengunggulinya.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2018, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam. Integrasi sains dan konteks nilai-nilai Islam dalam KSM meliputi:

  1. Soal-soal sains dalam KSM dielaborasi dengan konteks yang ada dalam Al-Qur'an;
  2. Soal-soal sains dalam KSM menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya bertujuan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik;
  3. Soal keilmuan sains murini, ini dilaksanakan sebagai upaya tetap menyejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade di luar madrasah.

Berdasarkan dasar pemikiran di atas, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tahun 2023 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu akan dimulai dari KSM Tingkat Satuan Pendidikan, KSM Tingka Kabupaten/Kota, KSM Tingkat Provinsi hingga KSM Tingkat Nasional.

KSM tahun 2023 menggunakan dua bentuk soal yaitu: pilihan ganda dan esai singkat. Sementara untuk bahasa pengantar soal menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Ingris, atau Bahasa Arab. Hal ini merupakan sebuah bentuk persiapan kegiatan KSM di masa mendatang yang akan Go International, berkompetisi dengan beberapa negara sahabat. Model penyelenggaraan KSM tahun 2022 dianggap sudah ideal akan dipakai kembali pada tahun 2023, mulai dari KSM Tingkat Kabupaten/Kota dan KSM Tingkat Provinsi diselenggarakan secara online di tempat yang sudah ditentukan oleh komite kabupaten/kota serta ptovinsi. Pelaksanaan ujian pada tingkat Kabupaten/Kota di satuan pendidikan masing-masing atau di tempat yang ditentukan oleh komite kabupaten/kota, KSM Tingkat Provinsi ditentukan oleh komite provinsi. Sementara itu, KSM Tingkat Nasional akan diselenggarakan secara terpusat di Provinsi Sulawesi Tenggara.

B. Tujuan

Secara umum KSM Tahun 2023 bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Secara khusus tujuan KSM Tahun 2023 adalah:

  1. Menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains;
  2. Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama;
  3. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah;
  4. Memberikan kesempatan menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

C. Hasil Yang Diharapkan

  1. Berkembangnya bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains;
  2. Meningkatkan ghirah siswa madrasah untuk selalu mengasah kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama sehingga menjadi yang terbaik di bidangnya;
  3. Berkembangnya budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah;
  4. Terjaringnya bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang kompetisi tingkat internasional;
  5. Dihasilkannya siswa-siswi terbaik disetiap bidang dan menjadi SDM yang mencintai bidang keilmuannya.

D. Bidang yang Dilombakan

Bidang Yang Dilombakan KSM

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan Tempat Pelaksanaan KSM 2023

DOWNLOAD JUKNIS KSM TAHUN 2023

>>>>> KLIK DISINI <<<<<

Kumpulan Soal Latihan KSM 2023 Jenjang MI, MTs, dan MA Untuk Referensi

>>>>> KLIK DISINI <<<<<

KUMPULAN SOAL KSM 2021/2022 MI, MTs & MA

Link copied to clipboard