Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.
Penelusuran Trending (7 hari terakhir)

Petunjuk Teknis Pelaksanaan POSPENAS IX Tahun 2022

 

Kegiatan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) IX yang diselenggarakan di kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2022 menjadi salah satu momentum kegiatan silaturrahim akbar antar seluruh stakeholder pendidikan Islam, pemimpin pondok pesantren, santri di segala penjuru negeri, untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan perhelatan akbar POSPENAS IX tahun 2022. Kegiatan POSPENAS IX tahun 2022 mengusung tema yaitu “Gerak Santri, Bangkit Negeri”, sebuah upaya kebangkitan santri yang kedepannya menjadi pilar di negeri ini di masa yang akan datang, melalui pilarpilar pendidikan agama Islam yang kokoh mampu bersinergi dalam mewujudkan kontribusi santri dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, berkarakter serta menjunjung tinggi nilai-nilai dan norma sosial, kepribadian dalam mengarungi kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional IX tahun 2022 terdiri dari dua bidang yang akan di perlombakan dan dipertandingkan, pertama bidang Olahraga dan kedua bidang Seni. Dalam mewujudkan santri sebagai agen dalam membangun negeri tentu dibutuhkan bekal jasmaniyah, rohaniyah, dan daya kreatiftas, inovasi yang tinggi. Oleh sebab itu dalam bidang olahraga dan bidang seni yang dipertandingkan dan diperlombakan di ajang POSPENAS IX menjadi salah satu ajang silaturrahim sekaligus evaluasi bagi para santri untuk mengetahui sejauh mana kondisi jasmaniyah, rohaniyah, dan daya kreatiftas, inovasi selama santri tersebut menempuh pendidikan di pondok Pesantren. Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren menjadi media ruang besar bagi santri peminat kebugaran jasmani dan seni untuk unjuk prestasi dalam mengembangkan keahlian karakteristik mereka melalui olah tubuh dan olah rasa.

Kegiatan ini seyogyanya menjadi landasan karakter yang mumpuni melalui internalisasi nilai sikap dan perilaku bersaing untuk meraih yang terbaik secara sehat dan kompetitif. Jika diperluas kegiatan ini mengupayakan pula dalam mendorong para santri menciptakan kepribadian kuat, cinta damai, toleran, dalam konteks kemajemukan keahlian, menumbuhkan kemampuan berfkir kritis melalui cabang olahraga/seni yang diperlombakan. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, dan bertanggung jawab. Kehadiran pesantren pada even POSPENAS IX tahun 2022 di kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah ini menjadi the greatest moment mengingat jumlah pesantren di Indonesia berdasarkan data statistik EMIS pondok pesantren periode 2021/2022 data pondok pesantren dan santri mencapai 37.636 dan santri sebanyak 4.497.366 yang tersebar di berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional IX yang akan diselenggarakan di Surakarta Provinsi Jawa Tengah harapannya dapat berjalan dengan lancar, dan menjadi kegiatan yang dapat mengeratkan ukhuwah Islamiyah antar pondok pesantren di seluruh Indonesia dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Semoga Allah SWT selalui meridhai segala perjuangan kita. Aamiin ya Rabbal ‘Alamiin.

UNDUH PEDOMANNYA DISINI


Juknis Pedoman Petunjuk Petunjuk Teknis Petunjuk Teknis Pelaksanaan POSPENAS IX Tahun 2022 Pospenas POSPENAS IX