Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2022

 


A. LATAR BELAKANG

Kita dapat merasakan bahwa situasi saat ini sudah jauh membaik dibandingkan pada saat awal dunia diserang ganasnya Covid-19 hingga ditetapkan sebagai pandemic global. Buah usaha dari berbagai pihak yang semakin sigap dalam menangani setiap kasus, kesadaran masyarakat yang terus meningkat untuk saling menjaga dengan menerapkan protokol kesehatan serta pemerintah yang terus bekerja dalam pemulihan ekonomi nasional.

Beberapa negara kini telah berdamai dengan pandemi dengan menganggap Covid- 19 kini hanya seperti flu biasa. Sebuah berita yang sangat dinantikan oleh semua khalayak seakan dapat memperkuat rasa optimisme untuk keluar dari keterpurukan. Roda yang dulu terhenti kini perlahan bergerak, kita yang sempat terpuruk kini mulai bertindak. Kita perlu satukan tekad bersama demi bangkit kembali.
Tahun ini kita akan memperingati Hari kebangkitan ke-114 yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2022. Pada masanya, Dr Sutomo beserta para pelajar STOVIA mendirikan perhimpunan Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Kita pun harus memiliki semangat juang yang sama untuk membebaskan diri dari pandemi yang diakibatkan Covid-19.

Kita harus mendukung pemerintah Indonesia agar mampu beradaptasi dengan cepat dan melewati masa-masa krisis. Jangan biarkan keadaan membelenggu kita dalam masa-masa sulit. Kita tidak akan pernah bergerak dan berubah bila hanya saling menunjuk. “Ayo Bangkit Bersama” agar Indonesia kembali jaya, semangat ini lah yang akan kita bawa pada 114 Tahun Hari Kebangkitan.

B. TUJUAN

Tujuan peringatan 114 Tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2022 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-rotong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi Covid- 19 dalam “Ayo Bangkit Bersama”.

C. TEMA

Tema Peringatan 114 Tahun Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2022 adalah:

“Ayo Bangkit Bersama”.

D. LOGO

Logo 114 Tahun Kebangkitan Nasional melambangkan semangat yang berkobar, kedamaian serta awal yang baru.

Arti Logo 114 Tahun Kebangkitan Nasional

Contoh Pengguaan Logo:

Baliho
Banner
Spanduk
Virtual Background

E. POKOK- POKOK KEGIATAN

  1. Upacara Bendera secara Hybrid: Upacara bendera memperingati 114 Tahun Kebangkitan Nasional tahun 2022 dilaksanakan secara serentak dan terbatas pada hari Jumat tanggal 20 Mei 2022 oleh Kantor/Lembaga/Instansi Pemerintah pada daerah-daerah dengan status penularan Covid-19 yang sudah terkendali, upacara dilaksanakan secara Hybrid dengan peserta yang hadir secara fisik sangat dibatasi serta tetap menerapkan protocol kesehatan yang berlaku. Tata Upacara Bendera:
    • Pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih
    • Menyanyikan Lagu Kebangsaan lndonesia Raya
    • Mengheningkan Cipta
    • Pembacaan Naskah Pancasila
    • Pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945
    • Pembacaan naskah pidato Menteri Komunikasi dan Informatika
    • Pembacaan Do’a
  2. Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk :
    • Di Yogyakarta, dilaksanakan Ziarah ke Makam DR. Wahidin Soediro Hoesodo usai upacara bendera,
    • Ziarah juga dilaksanakan di Surabaya ke Makam DR. Soetomo usai upacara bendera.
  3. Publikasi dan Dokumentasi
    • Televisi dan radio
    • Media sosial masing-masing Kementerian/ Lembaga/ Pemda

F. KONTAK PANITIA

Telp/Fax 021-3844227
Alamat Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Jl. Medan Merdeka Barat No. 9


Silahkan tunggu dalam 15 detik.

DOWNLOAD PEDOMANNYA DISINI
Link copied to clipboard