Panduan Pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2022

 

Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022
1. Pendahuluan
Dokumen ini berisi panduan pendaftaran SNMPTN yang diisikan oleh siswa sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan oleh LTMPT. Siswa dapat mendaftar SNMPTN melalui portal LTMPT (portal.ltmpt.ac.id) atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id. Tidak semuasiswa dapat mendaftar SNMPTN. Hanya siswa yang sudah memiliki akun di LTMPT, akunnya sudah permanen, termasuk salah satu siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap yang dapat mendaftar di SNMPTN. Berikut adalah tahapannya:
  1. Login di portal LTMPT dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.
  2. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan program studi (prodi) yang dipilih pada halaman PILIHAN.
  3. Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang diplih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, halaman PORTOFOLIO tidak perlu diisikan.
  4. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib, artinya isiannya tidak wajib ada. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang pernah Anda dapatkan serta sesuai dengan prodi yang diminati.
  5. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah Anda melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat diubah dengan alasan apa pun.
  6. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.
Setiap tahapan akan dijelaskan lebih detail pada bagian selanjutnya dalam dokumen ini.
Catatan: Foto dan beberapa informasi tulisan pada gambar dalam panduan ini sengaja diberi
blok hitam agar identitas siswa tidak terlihat. Pada tampilan asli Anda tidak akan ada blok hitam
baik pada foto maupun tulisan.

2. Login Siswa
Silakan masuk ke halaman awal login Portal LTMPT seperti pada gambar berikut.
Masukkan Email dan Password pada form login di atas pada laman https://snmptn.ltmpt.ac.idGunakan alamat Email dan Password yang didaftarkan dan diverifikasi pada portal LTMPT.

Jika Anda memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, tampilan yang muncul setelah Anda login adalah tampilan seperti pada Halaman Profil yang akan dijelaskan pada bab selanjutnya.

Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, akan muncul pesan "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2022. Silakan mengikuti SBMPTN 2022" seperti pada tampilan berikut.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022
Jika Anda memenuhi syarat yang disebutkan sebelumnya di atas namun belum melakukan permanen
pada portal LTMPT, akan muncul tampilan berikut.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022

3. Profil
Halaman profil berisi informasi biodata dari siswa. Perlu dicatat bahwa seluruh informasi pada kolom Biodata diambil dari data yang telah diisikan di portal, demikian pula dengan Nama, NISN, NPSN Sekolah, dan Asal Sekolah. Isian tersebut tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN. Berbeda dengan pengisian tahun sebelumnya, kolom Data Orang Tua juga tidak perlu diisi karena mengambil informasi yang telah Anda isikan pada portal. Berikut adalah tampilan awal dari halaman profil.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022

4. Pilihan
Tampilan awal dari halaman PILIHAN adalah sebagai berikut.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022
Silakan pilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom Pilihan PTN/Politeknik Negeri. Setelah itu, akan muncul Daftar Prodi yang dapat dipilih oleh siswa. Program studi yang akan muncul hanya program studi yang memperbolehkan jurusan dari SMA/SMK/MA asal siswa untuk mendaftar. Berikut adalah contoh tampilannya.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022

Jika terdapat prodi yang tidak dapat Anda pilih karena syarat jurusan, tampilannya adalah
sebagai berikut.

Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022

Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua PTN/Politeknik Negeri. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, Anda dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi mana pun. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN/Politeknik Negeri yang dituju).

Terdapat juga informasi apakah prodi yang dipilih membutuhkan dokumen portofolio atau tidak pada kolom Portofolio. Jika kolom Portofolio bernilai, prodi tersebut tidak membutuhkan dokumen portofolio. Berikut contoh tampilan jika prodi membutuhkan dokumen portofolio.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022

Jika sudah memilih prodi, silakan tekan Simpan Semua Pilihan pada tombol di kanan atas seperti pada gambar berikut.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022
Kemudian akan muncul pop-up konfirmasi pilihan sebagai berikut jika pilihan prodi Anda tidak membutuhkan isian portofolio.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022
Pilih Simpan dan, jika berhasil, akan muncul notifikasi seperti pada gambar berikut.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022
Jika Anda sudah Simpan Pilihan kemudian ingin mengganti pilihan yang sudah dibuat dari prodi yang tidak memerlukan isian portofolio ke prodi yang memerlukan isian portofolio, akan muncul pop-up konfirmasi pilihan sebagai berikut.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH

Kemungkinan berikutnya adalah jika Anda sudah Simpan Pilihan kemudian ingin mengganti pilihan yang sudah dibuat dari prodi yang memerlukan isian portofolio ke prodi yang tetap memerlukan isian portofolio dengan jenis isian portofolio yang sama, akan muncul pop-up konfirmasi pilihan sebagai berikut.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH
Terakhir, jika Anda sudah Simpan Pilihan kemudian ingin mengganti pilihan yang sudah dibuat dari prodi yang memerlukan isian portofolio ke prodi yang tetap memerlukan isian portofolio namun jenis isian portofolionya berbeda, akan muncul pop-up konfirmasi pilihan sebagai berikut.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH
Anda dapat melihat kembali prodi yang sudah Anda pilih dengan menekan tombol Pilihan Anda yang terletak di sebelah tombol Simpan Pilihan Anda.
Setelah dipilih, akan terlihat pilihan prodi yang sudah Anda isikan sebelumnya seperti pada gambar berikut.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH

5. Portofolio
Beberapa prodi mensyaratkan untuk mengisikan portofolio, seperti Seni Tari diharuskan mengunggah (upload) video tari dan lain-lain. Pilih halaman PORTOFOLIO, maka pada prodi yang Anda pilih yang mensyaratkan adanya isian portofolio akan muncul tampilan sebagai berikut.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH
Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya portofolio, halaman pada gambar di atas akan kosong (hanya muncul header Portofolio saja). Untuk melihat instruksi dan kebutuhan portofolio, silakan Unduh Instruksi dan Unduh Dokumentasi yang disediakan.

Untuk mengisi portofolio, pilih Browse untuk memilih file yang akan diunggah, kemudian tekan tombol SIMPAN. Unduh PPT digunakan untuk mengunduh PPT portofolio yang sudah Anda unggah sekaligus sebagai penanda bahwa sudah ada file yang Anda unggah (tombol akan berubah menjadi Sudah Diunggah, Unduh). Berikut tampilan tombol Unduh ketika sudah mengisikan file portofolio.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH
Jika berhasil menyimpan, akan muncul notifikasi sebagai berikut.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH
Jika Anda sudah mengunggah portofolio, tetapi sebelum finalisasi dilakukan Anda berubah pikiran dan mengganti pilihan prodi yang tidak mensyaratkan adanya isian portofolio, isian portofolio sebelumnya akan dihapuskan.

6. Prestasi
Berikut adalah tampilan awal halaman PRESTASI.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH
Isian prestasi bersifat tidak wajib diisikan, artinya jika memang tidak memiliki prestasi dengan Bidang dan Tingkat Prestasi yang disyaratkan pada pilihan, halaman ini dapat dikosongkan dengan tanpa mengunggah dan mengisi apa pun. Prestasi yang dapat diisikan pada halaman ini maksimal 3 buah prestasi.

Silakan mengunggah bukti prestasi terlebih dahulu, unggah Bukti Prestasi dengan menekan tombol Browse, kemudian pilih file yang akan Anda unggah dengan ukuran maksimal 2MB yang berformat pdf/png/jpg. Kemudian isikan Deskripsi dari prestasi yang Anda unggah. Jika Anda memilih untuk mengunggah prestasi, kolom Deskripsi ini wajib diisi. Contoh isian deskripsi sebagai berikut: Juara 1 dari 150 peserta lomba pencak silat tingkat provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Dispora Jabar.

Berikutnya adalah pengisian Bidang Prestasi. Silakan dipilih Bidang Prestasi yang akan diisikan seperti pada pilihan berikut.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH
Berikutnya isi juga Tingkat Prestasi yang harus diisikan seperti pada pilihan berikut.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH
Terakhir, silakan isikan juga pada kolom Individu/Kelompok mengenai prestasi yang Anda dapatkan seperti pada pilihan berikut.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH
Guna memastikan bahwa file yang diunggah sudah benar, Anda dapat mengunduh file tersebut pada kolom Unduh Bukti Prestasi. Tampilan Unduh Bukti Prestasi akan seperti gambar berikut jika Anda sudah mengisi file prestasi.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH
Setelah selesai, tekan tombol SIMPAN yang ada pada akhir halaman kanan bawah seperti pada tampilan berikut:
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH
Setelah menyimpan, akan muncul notifikasi berikut jika penyimpan telah berhasil.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH
7. Finalisasi
Berikut adalah tampilan awal halaman FINALISASI.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH
Mohon melakukan Finalisasi data pilihan SNMPTN Anda jika Anda memang sudah yakin semua isian sudah diisikan dengan benar. Silakan membaca dengan detail terlebih dahulu pernyataan yang akan disetujui. Perlu dicatat, ketika sudah melakukan Finalisasi, seluruh isian data tidak dapat diubah lagi dan Anda tidak dapat membatalkan Finalisasi dengan cara apa pun.

Jika sudah yakin benar, berikan checklist pada pernyataan persetujuan “Saya setuju untuk finalisasi” seperti pada gambar sebelumnya pada kotak yang diberi warna merah.

Kemudian pilih Finalisasi, maka akan muncul pop-up persetujuan seperti pada gambar berikut:
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH
Pilih Finalisasi jika Anda sudah yakin semua isian Anda sudah benar. Setelah itu, tampilan halaman finalisasi akan berubah dengan adanya keterangan tanggal dan waktu finalisasi yang sudah dilakukan, seperti pada gambar berikut.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH

8. Kartu Registrasi
Kartu registrasi berada pada halaman yang sama dengan Finalisasi. Anda hanya dapat mengunduh kartu registrasi jika sudah melakukan Finalisasi.
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 - INTEL MADRASAH
Setelah unduh kartu registrasi, tahapan pendaftaran SNMPTN oleh Siswa telah SELESAI.

Link copied to clipboard