DOWNLOAD MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

INTELMADRASAH.COM - DOWNLOAD MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) - Pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu berorientasi berbasis teks ( genre). Pendekatan berbasis teks ini sejalan dengan prinsip pembelajaran dalam Kurikulum 2013 yang menekankan pendekatan ilmiah (scientific approach). Pembelajaran berbasis teks bertujuan untuk melatih peserta didik menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata dengan berpikir kritis. Selain itu, pembelajaran berbasis teks juga bertujuan agar peserta didik mampu memahami berbagai jenis teks dan mahir dalam menyusun sebuah teks. Teks tersebut dapat berwujud teks lisan maupun teks tulis.

Pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu berorientasi berbasis teks ( genre). Pendekatan berbasis teks ini sejalan dengan prinsip pembelajaran dalam Kurikulum 2013 yang menekankan pendekatan ilmiah (scientific approach). Pembelajaran berbasis teks bertujuan untuk melatih peserta didik menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata dengan berpikir kritis. Selain itu, pembelajaran berbasis teks juga bertujuan agar peserta didik mampu memahami berbagai jenis teks dan mahir dalam menyusun sebuah teks. Teks tersebut dapat berwujud teks lisan maupun teks tulis.

Menurut Barwick dalam Djatmika (2015:4) menyatakan bahwa “An explanation text to explain how and why something in the world happens. It is about actions rather than about things.” Pengertian tersebut memiliki maksud bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang dibuat untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi. 

DOWNLOAD MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

Model dan pembelajaran media teks eksplanasi dapat mengefektifkan peran guru dalam kegiatan menyajikan informasi data teks eksplanasi. Guru berperan sebagai fasilitator dibutuhkan strategi pembelajaran yang cocok sebagai stimulus. Strategi pembelajaran bisa berbasis mandiri maupun kelompok. Strategi tersebut salah satunya dengan metode Problem Based Learning ( PBL ) yang merangsang ide peserta didik untuk menulis eksplanasi. Menurut Duch dalam Shoimin (2014:130) mengatakan bahwa model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan. Model ini melatih peserta didik untuk berpikir dalam memecahkan masalah yang ada dalam kehidupan nyata serta mencari solusinya. 

Dengan mengikuti perkembangan yang ada, Siklus Kurikulum seringkali direduksi menjadi pedagogi sederhana yang ditunjukkan, diceritakan, dan dilakukan (Watkins 1997, 1999). Guru memberikan apresiasi terhadap kemampuan siswa atas ketercapaian dalam memproduksi terhadap kreativitas jenis teks yang dibuatnya. Tahapan yang dicapainya memberitahu dari mulai tahapan umum dan melakukan konstruksi uji coba bersama.

Bahan bacaan dapat diperoleh dari berbagai media massa maupun ensiklopedia. Pembelajaran teks eksplanasi melalui pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kreatifitas. Analisis teks eksplanasi merupakan salah satu alternatif untuk mengkaji permasalahan berdasarkan ilmu pengetahuan.

DOWNLOAD LENGKAP MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

Teks Eksplanasi adalah jenis teks yang menjelaskan hubungan antara logika dan peristiwa. Teks Eksplanasi biasanya berisi laporan hasil penelitian yang disampaikan kepada khalayak. Teks Eksplanasi tidak hanya digunakan untuk menjelaskan hasil penelitian. Teks Eksplanasi juga dapat digunakan untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa sederhana yang terjadi di sekitar manusia. Agar dapat menulis teks eksplanasi, seseorang harus mengetahui seluk beluk teks eksplanasi lebih dalam.

Teks Eksplanasi adalah teks yang bertujuan untuk menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena alam dan fenomena sosial. Teks Eksplanasi ditulis untuk menjawab pertanyaan bagaimana atau mengapa. Pertanyaan bagaimana membutuhkan jawaban berupa deskripsi, sedangkan pertanyaan mengapa membutuhkan jawaban berupa penjelasan proses sebab-akibat.

Pendekatan pembelajaran bahasa berbasis teks didasarkan pada teori teks yang dikemukakan oleh pakar linguistik fungsional sistemik (LFS). Halliday (2004,2005) mengembangkan teori LFS dan teori ini menjadi dasar pendekatan pembelajaran bahasa berbasis teks, yang selanjutnya dikenal sebagai mencakupi pendekatan pembelajaran bahasa berbasis genre (Martin 1992, 1997, 2010; Feez 1998). 2013 menggunakan pendekatan berbasis teks atau berbasis genre untuk mata pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Pendekatan berbasis teks ini sejalan dengan prinsip pembelajaran dalam Kurikulum 2013 yang menekankan pendekatan ilmiah (scientific approach).

Teks eksplanasi dibuat lebih mudah dikaitkan dengan relevansi dalam kehidupan sehari-hari. Kosasih (2014:88) menjelaskan bahwa model pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran yang berdasar pada masalah-masalah yang dihadapi peserta didik terkait dengan KD yang sedang dipelajari. Masalah yang dimaksud bersifat nyata atau sesuatu yang menjadi pertanyaan-pertanyaan pelik bagi peserta didik. Artinya bahwa pembelajaran tersebut diawali dengan mendatangkan sebuah permasalahan kepada peserta didik.  

DOWNLOAD 12 MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

Link copied to clipboard