DOWNLOAD MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

INTELMADRASAH.COM - DOWNLOAD MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) - Teks interpersonal berupa dialog merupakan materi yang baru muncul pada Ujian Nasional tahun 2019 dengan menunjukkan angka daya serap peserta didik MTs terhadap materi tersebut hanya sebesar 69,91%. Oleh karena itu perlu disusun Unit Pembelajaran khusus yang membahas materi teks interpersonal pada program PKB ini.

Ruang Lingkup Materi 

Ruang lingkup materi Teks Interpersonal di Madrasah Tsanawiyah meliputi:

1. Menyapa (Greeting), Berpamitan (Parting), Mengucapakan Terima Kasih (Gratitude), dan Meminta Maaf (Apology)

  • Fungsi Sosial 
  • Struktur Teks
  • Unsur Kebahasaan

2. Menyatakan Harapan dan Doa (Hope/Wish) dan Mengucapkan Selamat atas Kebahagiaan dan Prestasi (Congratulation)

  • Fungsi Sosial 
  • Struktur Teks 
  • Unsur Kebahasaan

download-modul-pembelajaran-bahasa-inggris-mts-intelmadrasah
DOWNLOAD MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

Aplikasi dalam Kehidupan

Pada dasarnya, bahasa adalah alat komunikasi antar individu melalui kesepakatan dalam komunitas tertentu (arbritary). Sehingga, tidak boleh ada klaim bahwa bahasa tertentu unggul terhadap bahasa yang lain. Namun, dalam perkembangannya, Bahasa Inggris telah diakui sebagai Bahasa Internasional, dimana mayoritas masyarakat menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi secara global.

KUMPULAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

Bahan Bacaan

Teori Behavioristik yang dikembangkan oleh Pavlov (1849-1936), seorang ahli fisiolog (ilmu faal) dari Rusia, didasarkan pada percobaan yang melibatkan makanan, anjing, dan bel dengan menggunakan hipotesis stimulus (rangsang) - respon (tanggapan). Makanan diasumsikan sebagai stimulus yang tidak dikondisikan sedangkan bel merupakan stimulus yang dikondisikan. Mengeluarkan air liur sebelum mendengar bel dianggap sebagai respon yang tidak dipelajari, sedangkan mengeluarkan air liur setelah mendengar bel merupakan respon (terhadap bel) sebagai hasil pembelajaran. 

Tokoh lain, Thorndike (1874-1949) mengemukakan hubungan sebab akibat antara stimulus dan respon yang dikenal dengan hukum akibat latihan, dan kesiapan. Hukum akibat menyatakan bahwa ketika stimulus dan respon dihargai secara positif (diberi hadiah) akan terjadi penguatan dalam belajar. Sebaliknya bila hubungan ini dihargai negatif (diberi hukuman) akan terjadi penurunan dalam motivasi belajar. Menurut Watson (1878-1958): seseorang dilahirkan dengan beberapa reflek serta reaksi emosional terhadap cinta dan kegusaran. Perilaku lainnya dapat dibangun melalui hubungan stimulus-respon dalam pengkondisian. 

LINK DOWNLOAD MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

Link copied to clipboard