CONTEN MANAGEMENT SISTEM (CMS)

Content Management System (CMS) yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan sistem manajemen konten adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membangun, menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs website.

Dengan menggunakan CMS, orang yang akan membuat sebuat website akan sangat dipermudah karena tidak dibutuhkan kemampuan atau penguasaan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, Javascript, dan PHP. CMS akan memanjakan penggunanya karena orang yang akan menyusun sebuah website tinggal melakukan pengaturan sederhana.

Ada banyak website yang bisa dibangun dengan menggunakan CMS seperti website perusahan, bisnis, organisasi, portal berita, aplikasi toko online (ecommerce), website pribadi/blog, sekolah, instansi pemerintah atau swasta, galeri foto, dan masih banyak yang lainnya. CMS ini penggunaannya lebih bersifat umum yang artinya tidak terbatas pada suatu website tertentu saja. CMS bisa digunakan untuk mengembangkan website dalam bidang pendidikan, perusahaan, organisasi, atau hobi.


Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa CMS akan memberikan banyak kemudahan kepada seorang yang akan membuat atau mengelola sebuah website, dari situ dapat disimpulkan beberapa fungsi dari CMS yaitu.
  1. Memberikan kemudahan orang yang akan membuat website.
  2. Memberikan kemudahan dalam mengelolaan konten website.
  3. Memberikan kemudahan dalam pencarian data yang ada pada website
Saat ini banyak perusahaan pengembang CMS yang menawarkan kepada pengguna baik yang bersifat gratis (free) ataupun yang berbayar, berikut beberapa CMS yang sering digunakan oleh masyarakat

Link copied to clipboard