ASSESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) - SIMULASI SEKALA KECIL (SSK) 2020/2021

 Assesmen Kompetensi Minimum (AKM), dengan dibatalkannya UN Tahun Pelajaran 2019/2020 para peserta didik terlepas dari bayang semu yang menghantuinya. kelulusan tahun 2019/2020 telah diserahkan kepada pihak sekolah/madrasah.

Namun di Tahun Pelajaran 2020/2021 ini Mentri Pendidikan membuat kebijakan dengan di selenggarakan nya AKM dan survei karakter. AKM meru[pakan salah satu gebrakan yang dilakukan oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan / Mendikbud. 

AKM Menjadi penilaian yang lebih komperhensif untuk mengukur kemampuan siswa, dalam AKM meliputi tes kemampuan Literasi, Numerasi, dan Pendidikan Karakter.


Adapun beberapa hari kebelakang tepatnya tanggal 19 Agustus 2020 telah dilaksanakan SIMULASI SEKALA KECIL (SSK) bagi proktor guna meningkatkan kualitas pada server pusat dan menemukan permasalahan-permasalahan pada pelaksanaan di lapangan. Pada tes simulasi proktor di hadapkan dengan fitur baru pada saat mengerjakan, dengan adanya tampilan WebCam pada saat mengerjakan soal. Dari Hasil Tes Simulasi Kemarin ada beberapa hal yang harus diketahui sekolah/madrasah/proktor yaitu :

1. Belum wajib menggunakan webcam, jika ada gunakan
2.Sistem Operasi Minimum yag digunakan adalah Windows 7 64bit, Linux Ubuntu, dengan minimal procesor single core, ram 1 Gb, resolusi layar minimal 1024x768, bandwith 1Mbps per Client dengan menggunakan Jaringan LAN atau Wifi (rekom lain), serta Framework minimal sudah 3.5
3. Tidak menggunakan server loval
4. ExamBrowser versi 20.0817 digunakan untuk Peserta
5. Metode UBKD FULL ONLINE 
6. Tidak direkomendasikan menggunakan HandPhone baik android maupun windows mobile.

AKM berbentuk Survey dengan sample siswa :
- Kelas 5 SD/MI
- Kelas 8 SMP/MTs
- Kelas 11 SMK/SMA/MA sederajat
tidak melaporkan hasil individu siswa namun laporan agregat yang berfokus pada peningkatan internal dari waktu ke waktu.

ExamBrowser 32Bit : Download
EsamBrowser 64Bit : Download

Live Streaming Simulasi Part 1 : Buka
Live Streaming Simulasi Part 2 : Buka 

Link copied to clipboard