Update
---

Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru Madrasah (AKG) Jenjang MI - MTs dan MA 2024

Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru Madrasah (AKG) Jenjang MI - MTs dan MA 2024

Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru Madrasah (AKG) Jenjang MI-MTs-MA 2024

Intel Madrasah - Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru Madrasah (AKG) Jenjang MI, MTs dan MA 2024 - Pendidikan merupakan skala prioritas dalam pembangunan. Guru dan tenaga kependidikan mempunyai tugas, fungsi dan peran yang sangat strategis dalam pencapaian tujuan pendidikan Indonesia. Guru dan tenaga kependidikan yang profesional mampu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembanya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Salah satunya dengan peningkatan sumber daya manusia. Kualitas sumberdaya manusia sangat penting dalam upaya mempercepat pengembangan potensi manusia untuk mampu mengembangkan tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI terus melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di madrasah melalui peningkatan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan. Salah satu kewajiban pengawas adalah meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini, jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk membangun eksistensi dan martabat sebuah profesi diperlukan mutu atau kualitas para anggota yang tergabung dalam profesi tersebut. Mutu atau kualitas diperoleh dari upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan dan pengendalian mutu yang dilaksanakan secara terus menerus dan tersistem. Upaya tersebut dilakukan melalui asesmen kompetensi untuk melakukan penilaian dan pengukuran terhadap keprofesionalitasan guru dan tenaga kependidikan madrasah. Peningkatan keprofesian guru dan tenaga kependidikan dapat dilakukan dengan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

melalui Kelompok Kerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Dalam rangka mendukung pengembangan keprofesian berkelanjutan ini, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melakukan pemetaan kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah melalui Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan. Baseline pemetaan ini menjadi dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dalam menyusun program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru dan Tenaga Kependidikan.

Pelaksanaan Asesmen Kompetensi merupakan upaya yang terencana dalam mendapatkan peta kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah dalam upaya mewujudkan guru dan tenaga kependidikan madrasah yang berkualitas dan profesional.

Hasil Asesmen Kompetensi menjadi bahan pertimbangan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru dan tenaga kependidikan madrasah. Asesmen kompetensi menjadi agenda program pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

1. Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru Madrasah (AKG) Jenjang MA

  1. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Bahasa Indonesia MA
  2. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Bahasa Inggris MA
  3. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Biologi MA
  4. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Ekonomi MA
  5. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Fisika MA
  6. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Kimia MA
  7. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Matematika MA
  8. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Pedagogik Umum MA

Download Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru Madrasah (AKG) Jenjang MA

2. Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru Madrasah (AKG) Jenjang MTs

  1. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Bahasa Indonesia MTs
  2. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Bahasa Inggris MTs
  3. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG IPA MTs
  4. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Matematika MTs
  5. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Pedagogik Umum MTs

Download Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru Madrasah (AKG) Jenjang MTs

3. Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru Madrasah (AKG) Jenjang MI

  1. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Pedagogik MI
  2. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Profesional Numerasi MI
  3. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Profesional-Literasi MI
  4. Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Sains MI

Download Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru Madrasah (AKG) Jenjang MI

Also Read: