Update
---

Petunjuk Teknis Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023

 


Intel MadrasahPetunjuk Teknis Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023

Dalam rangka pelaksanaan pelayanan Baial Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP), Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdibudristek, mengadakan kegiatan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) berbasis komputer untuk peserta didik tingkat XII jenjang pendidikan SMA/SMK/MA di seluruh propinsi. Pelaksanaan layanan ABM di satuan pendidikan bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuan peserta didik pada bakat di bidang-bidang khusus dan minat berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan tertentu.

Pelayanan ABM di satuan pendidikan akan memberikan informasi mengenai bakat dan minat peserta didik yang akan memperoleh gambaran bakat dan minat peserta didik berdasarkan hasil dari instrumen yang diujikan.

Petunjuk teknis ini berisi tentang latar belakang, tujuan, petunjuk persiapan, dan pelaksanaan layanan ABM. Petunjuk teknis ini disusun untuk membantu satuan pendidikan yang melaksanakan ABM sehingga dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Selanjutnya kami sampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang mendukung pelaksanaan layanan ABM.

Pelayanan ABM di satuan pendidikan bertujuan untuk memberikan informasi ke satuan pendidikan mengenai potensi peserta didik pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya. ABM juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan peserta didik jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.



Proses pendataan kepesertaan ABM melalui laman https://abm.bppp.kemdikbud.go.id/. DInas Pendidikan Provinsi dan Kanwil Kemenag mendata satuan pendidikan yang ingin mengikuti layanan ini dengan menandai data setiap satuan pendidikan.






Download Petunjuk Teknis Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023
>>>>> UNDUH <<<<<

Also Read: