Update
---

Juknis MATSAMA - Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024

 


Juknis MATSAMA -  Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024

Intel Madrasah - Juknis Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2023/2024

Pengantar Juknis Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2023/2024

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat, diberitahukan bahwa salah satu rangkaian kegiatan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru pada Raudhatul Athfal (RA), Madrasah lbtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) yang meliputi pengenalan kegiatan rutin madrasah, fasilitas madrasah, ciri khas madrasah, nilai, norma dan tata tertib madrasah serta karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah kepada peserta didik baru.

Sehubungan hal tersebut, kami sampaikan bahwa pelaksanaan MATSAMA Tahun Pelajaran 2023/2024 agar mengacu pada Panduan MATSAMA Tahun Pelajaran 2023/2024 sebagaimana terlampir.

Selanjutnya kepada Saudara agar meneruskan hal tersebut ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan Madrasah serta pihak-pihak terkait untuk digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan MATSAMA Tahun Pelajaran 2023/2024.

Demikian disampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN
MASA TA'ARUF SISWA MADRASAH (MATSAMA)
TAHUN PELAJARAN 2023/2024

A. Pendahuluan

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) adalah masa orientasi atau kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya kekhasan madrasah. Matsama dilaksanakan mulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah (MA). Matsama termasuk kegiatan transisi agar siswa benarbenar secara mental siap mengikuti proses pembelajaran di lingkungan belajar yang baru. Oleh karena itu, madrasah perlu mengisi kegiatan pengenalan yang bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan bagi semua siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus.

Melalui kegiatan ini, para siswa baru madrasah akan dikenalkan lingkungan madrasah, kebiasaan dan budaya madrasah, tata tertib, sistem pembelajaran termasuk mengenalkan guru dan tenaga kependidikannya, keunikan dan keunggulan madrasah. Di samping itu, kegiatan Matsama ini juga digunakan untuk mengenalkan sejak dini beberapa prinsip yang menjadi pegangan tata kehidupan warga madrasah agar tercipta iklim akademik yang kondusif sarat dengan nilai akhlakul karimah.

Seluruh rangkaian kegiatan Matsama harus didesain sedemikian rupa sehingga memberi pengalaman yang menyenangkan, membahagiakan, dan tidak menegangkan. Untuk itu penyelenggaraan Matsama harus merujuk dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan sekolah Bagi Siswa Baru dan petunjuk teknisnya yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI melalui Direktor Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan ini.

B. Tujuan

Adapun tujuan dari pelaksanaan dari kegiatan Matsama ini adalah sebagai berikut:

  1. Mengenalkan kepada peserta didik baru terkait lingkungan belajar yang baru, mengenali keadaan diri dan sosialnya agar memiliki kesiapan mental dan dapat mudah menyesuaikan diri dalam mengikuti proses pembelajaran selanjutnya.
  2. Menumbuhkan kebanggaan kepada para siswa-siswi baru terhadap madrasah, memahami nilai-nilai madrasah, mencintai dan menjaga nama baik almaternya.
  3. Mengenalkan nila-nilai moderasi beragama, menumbuhkan budaya dan jiwa inklusif tidak eksklusif, ramah, anti kekerasan dan bullying, anti pelecehan seksual, dan menghargai harkat-martabat kemanusiaan.
  4. Mengenalkan pola kebiasaan hidup bersih, sehat dan halal di lingkungan madrasah, menumbuhkan sikap disiplin dan tanggungjawab, serta mental madiri berprestasi.

C. Materi

Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, maka kisi-kisi materi Matsama yang disampaikan kepada siswa baru sebagai berikut:

  1. Kemadrasahan (pengenalan lingkungan dan budaya madrasah):
    • Profil singkat madrasah (visi-misi dan keunggulan);
    • Fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran;
    • Tata tertib, nilai dan norma yang berlaku;
    • Sistem pembelajaran dan cara menyiapkan diri belajar secara efektif;
    • Perkenalan guru dan tenaga kependidikan; serta
    • Kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan.
  2. Moderasi Beragama; cara mengamalkan ajaran agama dalam konteks kehidupan bersama, berbangsa dan bernegara yang harmoni dengan tetap menjaga;
    • Komitmen kebangsaan (Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan UUD 1945);
    • Toleransi dengan menerima perbedaan dan menghargai kepada pihak yang berbeda;
    • Anti kekerasan dalam memperjuangkan kebenaran dan keyakinan; dan
    • Akomodatif terhadap budaya dan kearifan lokal.
  3. Nilai-nilai madrasah:
    • Orientasi ibadah dalam proses belajar mengajar;
    • Tata krama/berakhlak dalam pergaulan dan ber-media sosial;
    • Pengenalan bentuk-bentuk kekerasan fisik, psikis (bullying), penelantaran, pelecehan seksual, korban narkoba dan kebiasaan merokok; dan
    • Pengenalan bagaiman pencegahan dan penanganan terhadap tindakan kekerasan fisik, psikis (bullying), penelantaran, pelecehan seksual, narkoba dan merokok.
  4. Budaya dan kebiasaan kehidupan di madrasah:
    • Pola hidup bersih, sehat dan halal di lingkungan madrasah
    • Pembentukan sikap disiplin dan tanggungjawab,
    • Pengembangan mental mandiri dan berprestasi.

Selengkapnya Silahkan Download Juknis Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2023/2024

>>>>> UNDUH <<<<<


Also Read: