Projek Penguatan P5-PPRA



Intel Madrasah - Projek Penguatan P5-PPRA

Latar Belakang

  1. Salah satu kekhasan projek lintas disiplin ilmu di madrasah adalah menambahkan nilai Rahmatan lil Alamin dalam P5. Nilai Rahmatan lil Alamin merupakan prinsip-prinsip sikap dan cara pandang dalam mengamalkan agama agar pola keberagamaan dalam konteks berbangsa dan bernegara berjalan semestinya sehingga kemaslahatan umum tetap terjaga seiring dengan perlindungan kemanusiaan dalam beragama. Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin yang terintegrasi dalam Profil Pelajar Pancasila bermaksud memastikan cara beragama lulusan madrasah bersifat moderat (tawassuṭ).
  2. Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin yang selanjutnya disebut profil pelajar, bertujuan mewujudkan tatanan dunia yang penuh kedamaian dan kasih sayang. Profil pelajar selalu mengajak untuk merealisasikan kedamaian, kebahagiaan, dan keselamatan baik di dunia maupun akhirat bagi semua golongan umat manusia, bahkan seluruh alam semesta

KONSEP PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN

APA ITU PROJEK?

  • Projek : adalah tugas-tugas belajar (learning tasks) yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu; (Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan).
  • Project Based Learning, yaitu pendekatan pengajaran yang dibangun di atas kegiatan pembelajaran dan tugas nyata yang memberikan tantangan bagi peserta didik yang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok.

MENGAPA HARUS PROJEK

  • Pendidik dan praktisi pendidikan di seluruh dunia mulai menyadari bahwa mempelajari hal-hal di luar kelas dapat membantu peserta didik memahami bahwa belajar di satuan pendidikan memiliki hubungan dengan kehidupan seharisehari.
  • Kegiatan Projek merupakan suatu petualangan investigasi dengan pendampingan guru tentang suatu hal yang menarik minatnya dan peserta didik akan mengalami proses mencari tahu.
  • Kegiatan projek diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya.

KONSEP P5-PPRA

  1. Projek Lintas Disiplin Ilmu dalam Kurikulum Merdeka di madrasah dengan pendekatan projek yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan Pendidikan berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai rahmatan lilalamin.
  2. P5-PPRA adalah salah satu opsi mengembangkan konsep agama yang moderat untuk merawat kebhinnekaan indonesia tanpa harus mencabut tradisi dan kebudayaan yang ada

Profil Pelajar Pancasila

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
  2. Berkebinekaan global.
  3. Bergotong-royong.
  4. Mandiri.
  5. Bernalar kritis.
  6. Kreatif.

Profil pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yakni peserta didik dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia.

Berkaitan dengan jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal yang berkaitan tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21.

Pelajar Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.

Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin

  1. Berkeadaban (Ta’addub).
  2. Keteladanan (Qudwah)
  3. Kewarganegaraan dan kebangsaan (Muwaṭanah) .
  4. Toleransi (Tasāmuh)
  5. Syura
  6. Adil wa I`tidal (konsisten)
  7. Tawazun
  8. Tawasuth
  9. Kesetaraan (Musawwa)
  10. Dinamis dan Iovatif (Tathawwur wa Ibtikar)

Sebuah ikhtiar untuk merawat tradisi dan menyemai gagasan beragama yang ramah dan moderat.

Mengembangkan konsep agama moderat di Indonesia. Yang terdapat banyak aliran dalam agama, pola pikir yang beragam, dan multi-etnis.

Agama dan Pancasila yang terbangun harmonis dalam sistem demokrasi Indonesia, terbukti dan diharapkan akan terus mampu menangkal virus radikalisme politik, agama, etnis dan lain sebagainya

Download Projek Penguatan P5-PPRA

>>>>> KLIK DISINI <<<<<

Link copied to clipboard