https://www.profitablegatecpm.com/yd07iw6m?key=730085b84b76c8c3ca93a247be17bbb4 Langkah Mudah untuk Mencetak Kartu NISN secara Online - Intel Madrasah

Langkah Mudah untuk Mencetak Kartu NISN secara Online

Intel Madrasah - Saat ini, kartu NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional masih menjadi syarat penting dalam proses pembelajaran di Indonesia. Namun, mengurusnya tidak perlu repot lagi karena sekarang sudah ada cara cetak kartu NISN secara online alias tanpa harus datang ke sekolah atau kantor dinas pendidikan. Langkah-langkahnya sudah dibuat mudah dan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Yuk, simak ulasan langkah cetak kartu NISN online berikut ini.

Langkah-langkah Cetak Kartu NISN Online

Setelah memahami apa itu NISN dan kegunaannya, kamu mungkin ingin mencetak kartu NISN. Namun, jika kamu tidak ingin repot-repot datang ke sekolah, kamu bisa mencetak kartu NISN secara online. Menyusul di bawah ini adalah beberapa langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk mencetak kartu NISN secara online.

1. Kunjungi Situs Resmi Kemendikbud

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kunjungi situs resmi Kemendikbud. Situs ini memberikan pelayanan untuk mencetak kartu NISN secara online. Pastikan kamu mengunjungi situs resmi, http://nisn.data.kemdikbud.go.id.

Situs Resmi Kemendikbud

2. Isi Data Diri

Setelah berhasil masuk ke situs resmi Kemendikbud, halaman akan menuntun kamu untuk mengisi data diri seperti nama, nomor induk siswa, tahun lahir, dan lain-lain. Pastikan data yang kamu isi benar, agar tidak terjadi kesalahan ketika mencetak kartu NISN.

Isi Data Diri NISN

3. Masukkan Captcha

Setelah kamu selesai mengisi data diri, kamu akan diminta untuk memasukkan captcha. Captcha ini bertujuan untuk memastikan bahwa kamu adalah manusia dan bukan robot. Masukkan captcha dengan seksama.

Captcha NISN

4. Klik Tombol Cari

Setelah memasukkan captcha dengan benar, klik tombol "cari". Tombol ini akan menampilkan data untuk verifikasi identitas siswa.

Klik Tombol Cari NISN

5. Verifikasi Identitas

Jika data yang kamu isi benar, halaman akan menampilkan data diri kamu. Verifikasi data diri kamu. Pastikan data yang tertera sesuai dengan data kamu. Jika terdapat kesalahan, kamu dapat mengaturnya melalui sekolah.

Verifikasi Identitas NISN

6. Pilih Kartu NISN

Setelah berhasil melakukan verifikasi identitas, kamu akan diarahkan menuju halaman kartu NISN. Kamu dapat memilih kartu NISN versi pdf dan versi gambar.

Pilih Jenis Kartu NISN

7. Unduh Kartu NISN

Setelah memilih kartu NISN, klik tombol unduh. Unduh kartu NISN versi pdf dan versi gambar. Kamu dapat mencetak kartu NISN dengan cara memprint kartu NISN versi pdf dan versi gambar yang sudah terunduh.

Unduh Kartu NISN

8. Cetak Kartu NISN

Kartu NISN yang telah kamu unduh dapat kamu cetak di rumah melalui printer. Pastikan printer yang kamu gunakan telah terkoneksi dengan komputer dan sudah diatur dengan benar. Proses pencetakan kartu NISN dapat berbeda-beda tergantung pada jenis printer yang kamu miliki.

Cetak Kartu NISN

9. Simpan Kartu NISN

Setelah mencetak kartu NISN, pastikan kamu menyimpan kartu NISN tersebut dengan aman. Kartu NISN sangat penting untuk melanjutkan pendidikan. Simpanlah kartu NISN di tempat yang mudah ditemukan dan terjaga keamanannya.

Simpan Kartu NISN

10. Periksa Kembali Kartu NISN

Setelah mencetak dan menyimpan kartu NISN, pastikan kamu memeriksa kembali kartu NISN apakah terdapat kesalahan. Jika ditemukan kesalahan, segera hubungi sekolah untuk melakukan perbaikan.

Periksa Kembali Kartu NISN

Itulah beberapa langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk mencetak kartu NISN secara online. Dengan cara ini, kamu bisa mencetak kartu NISN tanpa harus datang ke sekolah. Namun, pastikan kamu mengisi data diri dengan benar sebelum mencetak kartu NISN.

Apa yang Perlu Dipersiapkan untuk Mencetak Kartu NISN Secara Online?


Setelah mengetahui cara mencetak kartu NISN secara online, sebelum memulai proses cetak, Anda perlu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Tak perlu khawatir, persiapannya cukup sederhana. Berikut adalah hal-hal yang perlu disiapkan sebelum mencetak kartu NISN secara online.

1. Koneksi Internet yang Stabil

Koneksi internet yang stabil adalah hal yang sangat penting untuk melakukan proses cetak kartu NISN online. Pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang baik agar proses download dan upload data berjalan lancar dan tidak terjadi kendala.

Koneksi Internet yang Stabil

2. Perangkat Komputer atau Smartphone

Persiapan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyiapkan perangkat komputer atau smartphone yang akan digunakan. Pastikan perangkat yang digunakan memenuhi syarat minimum yang ditetapkan oleh situs resmi Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).

3. Browser yang Mendukung HTML5

Selain koneksi internet dan perangkat yang memenuhi syarat minimum, browser yang mendukung HTML5 juga diperlukan. Beberapa browser yang mendukung HTML5 antara lain Chrome, Firefox, Safari, dan Opera. Pastikan Anda menggunakan browser yang terbaru untuk meminimalkan kemungkinan terjadi error.


4. Data Pribadi yang Lengkap

Jangan lupa untuk menyiapkan data pribadi yang lengkap, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, nomor induk kependudukan (NIK), dan nomor induk siswa nasional (NISN). Data-data tersebut akan dimasukkan ke dalam formulir cetak kartu NISN online.


5. Nomor Telepon dan Alamat Email yang Aktif


Anda juga perlu menyiapkan nomor telepon dan alamat email yang aktif. Nomor telepon dan alamat email ini dapat digunakan untuk mengirimkan kode verifikasi atau informasi penting lainnya terkait proses cetak kartu NISN online.


6. Kode Verifikasi

Kode verifikasi dibutuhkan untuk mengkonfirmasi data yang telah dimasukkan pada formulir cetak kartu NISN online. Kode verifikasi akan dikirimkan melalui nomor telepon atau alamat email yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.


7. Printer dan Kertas

Tentu saja, printer dan kertas tidak boleh dilupakan dalam persiapan mencetak kartu NISN secara online. Pastikan printer yang digunakan dalam kondisi baik dan siap untuk mencetak. Sedangkan untuk kertas, gunakan kertas yang berkualitas agar hasil cetakan tidak buram atau samar.


8. Dompet Elektronik

Untuk membayar biaya cetak kartu NISN, Anda memerlukan dompet elektronik, seperti OVO, DANA, LinkAja, dan Gopay. Pastikan saldo dalam dompet elektronik mencukupi untuk melakukan pembayaran.


9. Jaringan Listrik yang Stabil

Pastikan jaringan listrik yang digunakan untuk mencetak kartu NISN juga stabil. Hindari mencetak saat terjadi pemadaman listrik atau saat kualitas listrik tidak stabil.


10. Ruangan yang Nyaman dan Tenang

Terakhir, pastikan Anda mencetak kartu NISN di ruangan yang nyaman dan tenang. Hindari mencetak di tempat yang ramai atau berisik agar tidak terganggu dan dapat fokus dalam proses cetak.

Demikianlah persiapan yang perlu disiapkan sebelum melakukan proses cetak kartu NISN secara online. Dengan melakukan persiapan ini, proses cetak kartu NISN online diharapkan berjalan lancar dan cepat.

Langkah-langkah Cetak Kartu NISN Online

Dalam era digital yang serba modern ini, segala sesuatunya sudah dapat dilakukan secara online. Termasuk juga dalam pembuatan kartu NISN. Bagi Anda yang membutuhkan kartu NISN, Anda bisa mencetaknya secara online. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencetak kartu NISN secara online:


1. Persiapkan Data Diri

Persiapkan data diri terlebih dahulu sebelum mulai mencetak kartu NISN. Pastikan data-data tersebut sudah benar dan valid. Data yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:



Data Diri
Nama Lengkap
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
Tempat dan Tanggal Lahir
Alamat Lengkap


2. Buka Website Resmi

Langkah selanjutnya adalah membuka website resmi untuk mencetak kartu NISN. Anda bisa membuka website tersebut melalui browser yang Anda miliki. Setelah berhasil masuk, Anda bisa langsung memulai mencetak kartu NISN.


3. Pilih Menu Cetak Kartu NISN Online

Pada website resmi tersebut, Anda dapat memilih menu "Cetak Kartu NISN Online" yang terletak pada halaman utama website tersebut. Pastikan untuk memilih tombol tersebut untuk kemudian diarahkan ke halaman berikutnya.


4. Isi Formulir yang Telah Disediakan

Selanjutnya akan muncul formulir yang harus diisi sesuai dengan data diri yang telah disiapkan. Pastikan data yang dimasukkan sudah benar dan valid. Formulir yang perlu diisi adalah sebagai berikut:



Data Diri Data Sekolah
Nama Lengkap Nama Sekolah
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Alamat Sekolah
Tempat dan Tanggal Lahir Jenjang Pendidikan
Alamat Lengkap Nomor Telepon Sekolah


5. Cetak Kartu NISN

Setelah formulir telah terisi dengan benar, maka secara otomatis kartu NISN akan tercetak. Namun pastikan printer yang digunakan dalam keadaan baik dan siap digunakan. Jika terdapat kendala dalam mencetak, maka carilah jasa printer terdekat untuk mencetak kartu NISN Anda.



Belajar cara mencetak kartu NISN secara online akan memudahkan kamu dalam mengurus NISN sehingga dapat diambil secara online.

Sampai Jumpa Lagi!

Semoga artikel tentang langkah cetak kartu NISN online ini dapat membantu Anda dalam mendapatkan kartu NISN dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk selalu terhubung dengan kami di situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk mendapatkan informasi terbaru seputar dunia pendidikan. Terima kasih telah membaca, dan sampai jumpa lagi!
Link copied to clipboard