https://www.profitablegatecpm.com/yd07iw6m?key=730085b84b76c8c3ca93a247be17bbb4 Cara Mudah Mencetak Kartu NISN Online Tahun 2022 - Intel Madrasah

Cara Mudah Mencetak Kartu NISN Online Tahun 2022

Intel Madrasah - Pendidikan dan pelatihan terus berlanjut dalam naungan pandemi yang masih melanda dunia ini. Oleh karena itu, pendidikan tersebut harus diteruskan dengan menggunakan teknologi digital seperti penggunaan kartu NISN. Kartu NISN ini sangat penting untuk record pendidikan siswa/i di Indonesia agar dapat memonitor kemajuan siswa/i. Cara mencetak kartu NISN sekarang ini pun semakin mudah dengan cara online sehingga bisa dilakukan dari rumah atau di mana saja dengan koneksi internet. Bagaimana cara mencetak kartu NISN online untuk tahun 2022? Simak penjelasannya di artikel ini!

Cara Mencetak Kartu NISN Online 2022

Mencetak kartu NISN merupakan hal penting bagi siswa yang akan mengikuti ujian nasional maupun ujian sekolah. Dengan kartu NISN, siswa dapat menghindari masalah administrasi seperti kesalahan penulisan identitas atau NISN. Di era digital seperti sekarang, mencetak kartu NISN bisa dilakukan secara online, mudah, cepat, dan tentunya praktis. Berikut ini adalah langkah-langkah mencetak kartu NISN online 2022.

1. Siapkan persyaratan

Sebelum mengakses situs resmi untuk mencetak kartu NISN, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa persyaratan penting terlebih dahulu. Persyaratan yang diperlukan antara lain nomor induk siswa nasional (NISN), nomor registrasi peserta ujian (RPPU), dan Nomor Ujian Nasional (NUPTK) dari guru.

2. Kunjungi Situs Resmi

Langkah selanjutnya adalah mengunjungi situs resmi yang menyediakan layanan untuk mencetak kartu NISN. Kamu dapat mengakses situs tersebut melalui mesin pencari atau tautan yang ada pada halaman pengumuman sekolahmu.

3. Pilih Menu "Cetak Kartu NISN"

Setelah masuk ke situs resmi, cari menu "Cetak Kartu NISN" dan klik opsi tersebut. Setelah itu akan muncul halaman pengisian data. Pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai dan benar.

4. Isi Formulir Pendaftaran

Isilah formulir pendaftaran sesuai dengan data yang dimiliki. Pastikan memasukkan data NISN, NUPTK, dan RPPU dengan benar.

5. Selesai Mengisi Formulir

Setelah mengisi formulir, klik tombol "submit" atau "kirim" untuk memproses permintaan cetak kartu NISN. Setelah itu, sistem secara otomatis akan mengirimkan email atau pesan notifikasi yang berisi link untuk mengunduh kartu NISN.

6. Cek Email atau Pesan Notifikasi

Cek email atau pesan notifikasi yang telah diterima untuk memastikan link untuk mengunduh kartu NISN sudah dikirimkan. Segera klik link tersebut untuk mengunduh file cetak kartu NISN pada perangkatmu.

7. Cek Tiket Bantuan

Jika dalam proses pendaftaran terdapat masalah yang tidak dapat diselesaikan secara mandiri, maka bisa mengunjungi menu "Bantuan dan Tiket" pada situs resmi. Ajukan pertanyaan melalui tiket bantuan yang ada dan tunggu balasan dari pihak yang berwenang.

8. Print Kartu NISN

Setelah berhasil mengunduh file cetak, kamu harus mencetaknya sebagaimana mestinya. Pastikan mencetak kartu NISN pada kertas yang sesuai atau berukuran A4 dan menggunakan printer yang dapat mencetak dengan kualitas terbaik.

9. Cek Kartu NISN

Setelah mencetak kartu pada kertas dengan kualitas tinggi, pastikan memeriksa kartu NISN terlebih dahulu. Kamu bisa melihat apakah nama, institusi, dan logo sekolah dituliskan dengan benar. Jangan lupa juga memastikan tanggal lahir dan NISN dicantumkan dengan benar.

10. Simpan Sekarang

Setelah cetakan kartu NISN selesai dan sudah diperiksa dengan teliti, simpan kartu tersebut pada tempat yang aman dan mudah diakses. Dalam beberapa kasus, kartu NISN dapat membuktikan identitasmu saat melakukan proses pendaftaran, sehingga lebih baik menyimpannya dengan baik.

Dengan tercetaknya kartu NISN secara online, siswa dapat menghemat waktu dan mempermudah proses administrasi. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah di atas secara teliti dan tepat, agar tidak terjadi kesalahan saat mencetak kartu NISN.

Langkah-Langkah Cara Mencetak Kartu NISN Online 2022


Setiap siswa pasti menginginkan memiliki Kartu NISN. Kartu ini sangat penting karena berfungsi sebagai identitas resmi bagi siswa. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kartu NISN adalah dengan mencetakkannya secara online. Berikut ini langkah-langkahnya:




Akses Halaman Resmi


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah akses halaman resmi untuk mencetak kartu NISN. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat akhir seperti laptop, PC atau smartphone. Kemudian, cari website resmi yang sudah disediakan. Pastikan website tersebut aman dan terpercaya sebelum Anda mengaksesnya.


Masuk ke Halaman Pendaftaran


Setelah berhasil masuk ke halaman resmi, langkah selanjutnya adalah masuk ke halaman pendaftaran. Pada halaman ini, Anda diharuskan mengisi formulir pada kolom yang telah tersedia. Pastikan Anda mengisi datanya dengan benar dan sesuai. Setelah itu, klik tombol submit.


Konfirmasi Data


Setelah mengisi data pada formulir pendaftaran, maka langkah selanjutnya adalah konfirmasi data yang telah Anda isi. Hal ini bertujuan untuk memastikan data yang Anda berikan sudah tepat dan benar. Jika ada kesalahan, maka segera lakukan perbaikan data pada halaman pendaftaran.

 

Masukkan Nomor Induk Siswa



Setelah data yang Anda berikan terkonfirmasi, maka langkah selanjutnya adalah masukkan nomor induk siswa Anda. Nomor induk siswa ini bisa dilihat pada rapor atau sertifikat yang diberikan oleh pihak sekolah. Setelah nomor induk siswa dimasukkan, maka akan muncul status NISN Anda.


Masukkan Kode Cek NISN


Setelah memasukkan nomor induk siswa, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan kode cek NISN. Kode ini akan muncul di halaman pendaftaran setelah Anda mengisi formulir dengan benar. Jika kode cek NISN sudah dimasukkan, maka kartu NISN Anda siap dicetak.



Cetak Kartu NISN



Setelah memasukkan nomor induk siswa dan kode cek NISN dengan benar, maka selanjutnya langkah terakhir adalah mencetak kartu NISN. Pilih opsi "cetak" untuk mencetak kartu NISN. Pastikan printer Anda sudah terhubung dengan baik sebelum mencetak.




Cek Kembali Data



Setelah berhasil mencetak kartu NISN, langkah terakhir yang harus ditempuh adalah mengecek kembali data-data yang terdapat pada kartu NISN tersebut. Pastikan nama dan nomor induk siswa yang tertera pada kartu NISN sudah tepat dan sesuai dengan data yang benar.


Kesimpulan


Demikianlah langkah-langkah cara mencetak kartu NISN secara online. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, maka siswa dapat dengan mudah mendapatkan kartu NISN secara online. Terakhir, jangan lupa untuk mengecek kembali data-data pada kartu NISN Anda sebelum mencetaknya agar tidak terjadi kesalahan data. Semoga artikel ini bermanfaat.




Cara Mencetak Kartu NISN Online 2022: Panduan Lengkap

Setelah melakukan daftar ulang dan mendapatkan nomor induk siswa nasional (NISN), langkah selanjutnya adalah mencetak kartu NISN. Dalam era digital seperti sekarang, proses pencetakan kartu NISN dapat dilakukan secara online. Berikut ini adalah panduan lengkap mengenai cara mencetak kartu NISN online 2022.

1. Membuka Website Resmi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka website resmi untuk mencetak kartu NISN online. Website resmi tersebut adalah https://nisn.kemdikbud.go.id/. Setelah membuka website tersebut, kita akan diarahkan ke halaman untuk mencetak kartu NISN.

2. Login ke Akun

Setelah membuka halaman untuk mencetak kartu NISN, langkah selanjutnya adalah login ke akun kita. Akun tersebut adalah akun yang telah dibuat saat melakukan pendaftaran NISN. Jika kita belum memiliki akun, maka kita harus mendaftar terlebih dahulu.

3. Memasukkan Data Pribadi

Setelah berhasil login ke akun, kita akan diminta untuk memasukkan data pribadi seperti nomor peserta, tanggal lahir, dan captcha. Pastikan kita memasukkan data secara benar dan teliti, karena kesalahan dalam memasukkan data dapat membuat proses pencetakan kartu NISN tidak berhasil.

4. Memilih Format Cetak

Setelah memasukkan data pribadi, langkah selanjutnya adalah memilih format cetak kartu NISN. Ada dua pilihan format cetak kartu, yakni PDF dan JPEG. Pilihlah format cetak yang sesuai dengan kebutuhan kita.

5. Mencetak Kartu NISN

Setelah memilih format cetak, langkah terakhir adalah mencetak kartu NISN. Pastikan kita memiliki koneksi internet yang stabil dan printer yang siap digunakan. Kemudian, klik tombol "Cetak Kartu NISN" untuk memulai proses pencetakan.

Tabel 1. Persyaratan untuk Mencetak Kartu NISN Online 2022

| Persyaratan | Keterangan |
|-------------|----------------------------------------------------------|
| Koneksi | Memiliki koneksi internet yang stabil dan lancar. |
| Printer | Memiliki printer yang siap digunakan. |
| Akun | Sudah memiliki akun untuk login ke website mencetak kartu. |
| Data Pribadi | Telah memasukkan data pribadi dengan benar. |

Dengan mengikuti panduan lengkap di atas, kita dapat mencetak kartu NISN online 2022 dengan mudah. Selain lebih praktis dan efisien, proses pencetakan kartu NISN secara online juga dapat menghemat waktu dan biaya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Sayangnya, tidak ada link terkait dengan "cara mencetak kartu nisn online 2022" pada daftar json yang diberikan. Silakan berikan daftar yang relevan untuk mendapatkan tautan terkait.

Selamat Mencetak Kartu NISN Anda!

Sekarang Anda sudah tahu cara mencetak kartu NISN online 2022 dengan mudah. Jangan lupa untuk merespons cepat jika ada informasi terkait pengisisan data dan juga pastikan setiap informasi yang ada sudah terisi dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan jangan sungkan untuk berkunjung lagi di situs kami untuk informasi terkini terkait dunia pendidikan. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa lagi!

Link copied to clipboard