Juknis Penilaian Kelulusan Peserta Didik Mapel PAI dan Budi Pekerti Pada PAUD/TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, DAN SMA/SMK/SMALB TAHUN 2022-2023

Download Juknis Penilaian Kelulusan Peserta Didik Mapel PAI dan Budi Pekerti

Juknis Penilaian Kelulusan Peserta Didik Mapel PAI dan Budi Pekerti
Pada PAUD/TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, DAN SMA/SMK/SMALB TAHUN 2022-2023

Intel Madrasah - Juknis Penilaian Kelulusan Peserta Didik Mapel PAI dan Budi Pekerti Pada PAUD/TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, DAN SMA/SMK/SMALB - Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia. Mata pelajaran ini memiliki nilai penting dalam membentuk karakter dan moral siswa sebagai umat muslim. Untuk menilai kelulusan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, penilaian kelulusan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam harus memperhatikan kompetensi yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Kompetensi yang harus dicapai siswa pada mata pelajaran ini meliputi pemahaman terhadap aqidah, ibadah, moral, dan akhlak yang baik serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penilaian harus dilakukan secara komprehensif dan mencakup seluruh kompetensi yang telah ditetapkan.

Kedua, penilaian dapat dilakukan melalui berbagai macam bentuk evaluasi, seperti tes tulis, presentasi, tugas individu, dan diskusi kelompok. Metode evaluasi yang digunakan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Misalnya, jika tujuan pembelajaran adalah untuk memahami konsep aqidah, maka metode evaluasi yang digunakan dapat berupa tes tulis dengan soal-soal terkait konsep aqidah.

Ketiga, penilaian kelulusan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Evaluasi kualitatif dapat dilakukan dengan melihat kemampuan siswa dalam mengaplikasikan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan evaluasi kuantitatif dapat dilakukan dengan melihat nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari setiap evaluasi yang dilakukan.

Keempat, untuk meningkatkan efektivitas penilaian, guru dapat melakukan penilaian secara berkala. Guru dapat memberikan tugas atau ujian pada akhir setiap bab atau topik pembelajaran. Hal ini bertujuan agar siswa lebih memahami dan menguasai materi yang telah diajarkan.

Kelima, guru juga dapat memberikan umpan balik atau feedback kepada siswa.

Download Juknis Penilaian Kelulusan Peserta Didik Mapel PAI dan Budi Pekerti Pada PAUD/TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, DAN SMA/SMK/SMALB 2022-2023


DOWNLOAD KISI KISI FINAL UJIAN SEKOLAH PAIBP SD 2022-2023


Link copied to clipboard