Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.
Penelusuran Trending (7 hari terakhir)

Pedoman Festival Literasi Siswa Indonesia (FELSI) Jenjang SMA/MA Tahun 2022

 

Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka telah dibentuk Pusat Prestasi Nasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jenderal. Salah satu fungsi Pusat Prestasi Nasional adalah pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bertugas melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi
satuan pendidikan dan peserta didik yang diantaranya diimplementasikan melalui pelaksanaan lomba, festival, dan kompetisi. Salah satu kegiatan Puspresnas adalah Festival Literasi Siswa Indonesia (FeLSI) Jenjang SMA/MA/SMK.

FeLSI Jenjang SMA/MA/SMK tahun 2022 akan dilaksanakan secara daring (online) karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Pergantian nama kegiatan dari tahun sebelumnya yakni Lomba Jurnalistik Siswa Indonesia (LJSI) menjadi FeLSI diiringi dengan penambahan satu kategori, sehingga saat ini terdapat tiga kategori bidang lomba. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka membangun manusia Indonesia berkarakter yang mengutamakan kejujuran, kebenaran, kemandirian, dan persaingan sehat.

Adapun bidang literasi yang dilombakan dalam FeLSI Jenjang SMA/MA/SMK tahun 2022 adalah Jurnalistik Features, Fotografi, dan Cerita Pendek (Cerpen). Tema mayornya adalah “Pulih Bersama, Bangkit Perkasa.” Tema ini diadaptasi dari semangat “G20” dan melalui tema tersebut, diharapkan siswa mampu membawa optimisme untuk masa depan Indonesia melalui karya-karya literasi.

Dalam buku ini, disampaikan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan FeLSI jenjang SMA/MA/SMK tahun 2022. Selain sebagai panduan penyelenggara FeLSI di tingkat nasional, buku ini pun dapat menjadi pedoman bagi peserta didik untuk berpartisipasi sesuai dengan bidang lomba yang dipilih dan diikutinya. Semoga penyelenggaraan FeLSI 2022 jenjang SMA/MA/SMK sederajat tahun 2022 berjalan lancar meski dalam kondisi pandemi Covid-19 sehingga peserta didik dapat terus berprestasi dari rumah.

Silahkan tunggu dalam 15 detik.

DOWNLOAD DISINI
Felsi Pedoman Pedoman Festival Literasi Siswa Indonesia (FELSI) Jenjang SMA/MA Tahun 2022