Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.
Penelusuran Trending (7 hari terakhir)

Petunjuk Teknis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Jenjang SMK Tahun 2022



Salah satu fungsi Pusat Prestasi Nasional adalah pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut, salah satu upaya sebagai pengembangan prestasi peserta didik adalah meningkatkan minat wirausaha dikalangan peserta didik, Pusat Prestasi Nasional melaksanakan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Nasional (FIKSI) jenjang SMK pada tahun 2022 yang dilaksanakan melalui seleksi secara bertahap.

FIKSI jenjang SMK diprogramkan untuk merintis dan memastikan Indonesia di masa depan mampu menjadi tonggak kemandirian ekonomi global. Strategi untuk menumbuhkan jiwa wirausaha sejak dini merupakan salah satu pilihan yang bijak, dimana kedepannya dapat ditekuni secara sungguh-sungguh sehingga dapat menjadi modal untuk meraih kesuksesan di masa depan. Melalui FIKSI, generasi muda Indonesia khususnya siswa SMK dengan kompetensi yang dimiliki diharapkan dapat terus meningkatkan kepercayaan diri dan kecakapan dalam berinovasi menghasilkan berbagai ide dan kreasi wirausaha.

FIKSI Jenjang SMK menekankan pada pengembangan potensi kearifan lokal yang diterjemahkan menjadi konsep ide/gagasan utama yang meliputi aspek inovatif, teknologi, dan strategi pemasarannya. Lima bidang yang dilombakan merupakan spektrum dari bidang keahlian SMK, bidang lomba FIKSI jenjang SMK Tahun 2022 tersebut adalah : 1) Agribisnis, Agroteknologi, dan Kemaritiman; 2) Kesehatan dan Wirausaha Sosial ; 3) Pariwisata dan Kuliner; 4) Industri Kreatif; dan 5) Teknologi Digital.

Seleksi FIKSI jenjang SMK dilaksanakan secara bertahap, terdiri dari seleksi ringkasan eksekutif (executive summary), penilaian karya tulis dan wawancara. Sebagai prospek program FIKSI akan dilaksanakan virtual expo (pameran virtual) produk inovasi peserta yang masuk babak final bersamaan dengan pelaksanaan seleksi tahap final. Penyelenggaraan virtual expo merupakan puncak pembuktian dan selebrasi hasil inovasi dan kreativitas peserta didik yang memiliki nilai jual. Diharapkan pada virtual expo tersebut akan membuka peluang untuk menjalin kerja sama dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKa), Perguruan Tinggi, dan penggiat dunia usaha.

Semoga penyelenggaraan FIKSI tahun 2022 dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan peserta didik kedepan dan lingkungan sekitarnya sebagai penggerak ekonomi yang berdampak pada masyarakat sekitar dan secara luas dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.


Silahkan tunggu dalam 15 detik.

DOWNLOAD FILE PANDUAN LENGKAPNYA DISINI
FIKSI SMK