FESTIVAL BUDAYA DAN PENTAS SENI TRADISIONAL 2021

 Assalamu’alaikum. Wr. Wb. 

Segala puji bagi Allah SWT, shalawat serta salam senantiasa kita sampaikan kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW, keluarga, sahabat beserta seluruh umatnya, semoga kita termasuk di dalamnya. 

Dalam rangka mempringati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Menyambut Hari Sumpah Pemuda serta demi terwujudnya rasa cinta tanah air sekaligus melestarikan nilai budaya di Kabupaten Tasikmalaya khususnya di wilayah Tasikmalaya Selatan melalui aktualisasi dan internalisasi pengarusbawaan budaya seni Kabupaten Tasikmalaya kepada masyarakat luas. Dengan ini kami PATAKA dan Yayasan Al-Musyrifah Muara bermaksud menyelenggarakan Festival Budaya Dan Pentas Seni Tradisional

LATAR BELAKANG KEGIATAN

Kabupaten Tasikmalaya merupakan Kabupaten yang kaya akan budaya dan seni yang sangat beragam dan unik.Keunikan dan keragaman budaya yang khas ini mewakili jati diri bangsa dan menjadi salah satu daya tarik Provinsi. Keistimewaan yang dimiliki merupakan anugerah dan kebanggaan yang tak ternilai serta merupakan hal yang sangat langka sehingga patut untuk dilestarikan.

Kesenian Tasikmalaya merupakan salah satu bagian aneka budaya yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Kesenian daerah mencerminkan kekhasan budaya dan kekayaan filosofis dari masing-masing daerah yang tergambar dari nilai historis dan pesan moral dari kesenian itu sendiri. Budaya Kabupaten Tasikmalaya sangat terkenal dengan kemajemukan dan keberagaman, tidak jarang mengundang perhatian Provinsi. Kesenian Tasikmalaya pula seharusnya dapat mengambil tempat sebagaisalah satu bagian dari Kabupaten Tasikmalaya yang dikenal oleh masyarakat luas.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu bukti peradaban bangsa pada zaman sekarang. Epok ini yang menjadi faktor utama mulai tergerusnya kecintaan dan sense belonging dari masyarakat terhadap kesenian budaya. Tugas melestarikan budaya bukan hanya tanggung jawab pencinta dan pelaku seni saja, tetapi juga seluruh elemen yang ada yaitu pemerintah dan masyarakat. 

Pataka, pemangku adat, dan Yayasan Al-Musyrifah sebagai suatu organisasi yang peduli akan seni dan budaya di wilayah Tasikmalaya selatan . Pataka dan Yayasan AlMusyrifah memiliki tanggungjawab untuk mengembangkan dan melestarikan budaya yang berada di Tasikmalaya selatan. Atas dasar kepedulianterhadap pelestarian kesenian dan budaya, kami bermaksud meneyelenggarakan Festival budaya dan pentas seni sebagai upaya mengenalkan dan melestarikan seni buadaya tersebut, serta publikasi edukasi dan pengenalan kepada masyarakat terutama pada generasi muda. 

DASAR PEMIKIRAN

  1. Penguatan dan Pengenalan kebudayaan dan kesenian Tasikmalaya melalui berbagai iven budaya dan seni pada masyarakat, lahirnya keinginan dari generasi muda yang di wakili oleh para pelajar dan pemuda.
  2. Lahirnya keinginan dari pelajar/santri di bawah naungan yayasan Al-Musyrifah dan yayasan (Pataka) untuk memperkenalkan dan mengedukasi seni budaya yang belum dikenal luas oleh masyarakat.
  3. Eksistensi dan pengembangan kreativitas generasi muda dan menginspirasikan sense belonging seni budaya. 
SASARAN KEGIATAN

Sasaran primer kegiatan atau keterlibatan yayasan Al-Musyrifah dan pataka pada acara ini adalah ditunjukan untuk masyarakat atau penonton acara yang berasal dari masyarakat. Adapun sasaran sekundernya yaitu yayasan Al-Musyrifah, pataka, pelajar. 

TUJUAN KEGIATAN
  1. Menampilkan dan mempublikasikan budaya dan seni yang berada di Kabupaten Tasikmalaya selatan. 
  2. Sebagai bentuk kontribusi yayasan Al-Musyrifah dan pataka dalam melestarikan kebudayaan asal Tasikmalaya.
  3. Akulturasi dan pencerdasan wawasan budaya dan seni Kabupaten Tasikmalaya kepada masyarakat luas.
  4. Pengembangan dan bentuk inspirasi karakter cinta budaya untuk masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. 
  5. Aktualisasi dan Internalisasi pengarusbawaan budaya dan adat Bantarkalong. 
  6. Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan menyambut Hari Sumapah Pemuda.
Berikut Rincian Kegiatan :


Kegiatan tersebut akan di streaming melalui Channel Youtube : Media Muara 
 
Link copied to clipboard