Langkah-langkah Mengecek NISN Secara Online 2021

Pengertian Nomor Induk Siswa Nasional 

NISN adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. 

Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).


Tujuan dan Manfaat Memiliki NISN

Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti NISN Ganda, NISN tidak terdaftar dan sebagainya. Maka perlu dari pihak sekolah mencetakkan Kartu NISN Siswa. Kartu NISN ada yang bisa dicetak secara manual dan ada yang bisa dicetak secara online dari laman Verval PD Kemdikbud. 

Langkah Cek NISN Online 2021

Cek Berdasarkan NISN

  1. Masuk laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  2. Masukkan NISN
  3. Masukkan nama ibu kandung
  4. Ceklis kode captcha
  5. Klik Cari Data

Apabila menggunakan metode di atas NISN mu tidak di ketemukan. Maka kamu bisa cek atau pencarian berdasarkan nama. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut :

Cek NISN Berdasarkan Nama

  1. Masuk pada laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama
  2. Masukkan nama siswa
  3. Masukkan tempat lahir
  4. Masukkan tanggal lahir (dengan format YYYY-MM-DD)
  5. Masukkan nama ibu
  6. Ceklis kode captcha
  7. Klik Cari Data

Nah setelah data kalian valid dan temukan. Ikuti langkah di bawah ini untuk melakukan cetak kartu nisn online.

Aplikasi Cetak Kartu NISN Online

Mungkin saat ini kamu sedang mencari-cari aplikasi cetak kartu NISN online. Dalam web ini sudah admin sediakan cara print nisn dari HP juga bisa dilakukan.

Untuk melakukan cetak kartu nisn online 2021 sangat mudah sebenarnya. Banyak juga aplikasi cetak kartu nisn berbasis dapodik.

Namun sebelum kalian melakukan cetak Kartu NISN Online melalui aplikasi ini. Sebaiknya cek dulu data NISN pada laman web resminya. Hal ini dimaksudkan agar saat kamu melakukan cetak kartu tidak terjadi kesalahan.

Nomor Induk Siswa Nasional merupakan nomor atau kode unik sebagai tanda pengenal identitas siswa. NISN ini diterbitkan kepada siswa yang sekolah di Satuan Pendidikan yang punya NPSN dan terdaftar di Referensi Data Kemdikbud. Sekarang ini jenjang PAUD, siswa sudah bisa mendapatkan NISN, karena penerbitan siswa ini berdasarkan data Dapodik Paud yang di sinkron. Semua siswa jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK, semuanya memiliki NISN

cetak nisn online, cara membuat kartu nisn, cara print nisn, print nisn, download kartu nisn, cetak kartu nisn online 2021, cara cetak kartu nisn sd, cara mencetak nisn, cara mencetak kartu nisn, cara download nisn, kartu nisn online, cetak nisn online 2021, cetak nisn online 2022, cara cetak nisn online 2021, cara cetak nisn online 2022, cetak nisn siswa, kartu nisn, cara cetak nisn, cara cetak kartu nisn, cetak kartu nisn online, cetak kartu nisn, cetak nisn,
Link copied to clipboard